Motor Listrik Dengan Komponen di Bawah Jok

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Washington – Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Curtiss Motorcycles, memperkenalkan varianmotor listrik dengan desain yang futuristik. Mengutip situs resminya ada tiga model yang ditawarkan, Zeus dengan gaya Bobber dan Cafe Racer, dan Hera yang bergaya retro.

Motor ini memakai tenaga listrik yang komponennya dipasang di bawah jok. Meski tidak menyebut spesifikasi baterai maupun motor listriknya, Curtiss mengklaim Zeus bisa menghasilkan tenaga setara 190 dk dan torsi 195 Nm, dengan perkiraan jarak tempuh 450 km untuk sekali pengisian daya.

Curtiss Zeus pakai spek roda belakang ukuran 240/45, untuk sokbreker depannya pakai fork girder yang dapat disetel, sedangkan di bagian belakangnya ditopang oleh monoshock. Semuanya ‘diikat’ dengan sasis mesin aluminium 6061-T6, dibalut bodywork berbahan serat karbon.

Sementara untuk sektor pengeremannya pakai kaliper empat-piston, dengan diameter cakram 230 mm. Curtiss mengklaim bobot Zeus sekitar 215 kg dan tinggi joknya 724 mm.

Curtiss Zeus dibanderol dengan harga mulai dari 60.000 USD atau setara Rp 853 juta. Sedangkan harga untuk Curtiss Hera belum diumumkan karena masih menunggu peminatnya.

Sebagai informasi Curtiss Motorcycles merupakan perusahaan yang baru berganti nama pada tahun 2018 dari Confederate Motors.

Curtiss Motorcycles awalnya didirikan oleh Glenn Curtiss. Perusahaan ini dulunya memproduksi pesawat terbang, sepeda, dan sepeda motor. Mengikuti perkembangan zaman, Curtiss Motorcycles kini turut memproduksi sepeda motor listrik setelah mengeluarkan sepeda motor bermesin pembakaran terakhirnya, Curtiss Warhawk. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: