Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Nah Lo! Batas Registrasi Kartu SIM Berakhir, Pemblokiran Dimulai Besok

Nah Lo! Batas Registrasi Kartu SIM Berakhir, Pemblokiran Dimulai Besok

Ilustrasi: kartu sim (linkedln)

Sketsanews.com, Jakarta – Batas akhir registrasi kartu SIM Prabayar berakhir hari ini, 28 Februari 2018. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengingatkan proses pemblokiran secara bertahap akan dilakukan mulai besok, Kamis (1/3).

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad M Ramli mengatakan bahwa per 28 Februari ini masa registrasi kartu SIM prabayar sudah berakhir. “Jadi mulai besok (Kamis, 1/3) pengguna kartu SIM prabayar yang belum registrasi, untuk tahap pertama pemblokiran akan dilakukan pada layanan panggilan keluar, outgoing call,” jelas Ramli pada acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/1).

“Untuk pemblokiran tahap satu setelah layanan outgoing call diblokir, pengguna masih bisa mendapat layanan panggilan masuk ‘incoming call’ hingga tanggal 31 Maret,” imbuhnya.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad M Ramli (kedua dari kiri) saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/2). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kemudian, setelah tanggal 31 Maret pengguna kartu SIM yang masih membandel dan enggan melakukan registrasi kartu SIM, hingga 1 April layanan incoming call dan pesan singkat akan diblokir, namun tetap masih bisa menikmati layanan data dan internet sampai tanggal 30 April.

“Setelah tidak bisa melakukan panggilan keluar, panggilan masuk, dan layanan SMS. Baru tanggal 1 Mei kita lakukan pemblokiran total. Setelah diblokir total semua layanan akan berhenti beroperasi dan kartu akan dianggap hangus,” jelas Ramli.

Selama belum dilakukan pemblokiran total. Pengguna masih bisa melakukan registrasi baik menggunakan SMS maupun menggunakan website provider yang bersangkutan.

Namun jika masih ditemukan kendala gagalnya registrasi, pengguna kartu SIM prabayar bisa langsung menghubungi gerai masing-masing provider. Jika masih gagal juga lantaran ditemukan ketidaksinkronan data kependudukan, pengguna bisa langsung mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk melakukan verifikasi data langsung.

Untuk diketahui hingga 28 Februari 2018 pukul 12.52 WIB. Tercatat jumlah 305.782.219 kartu SIM prabayar yang teregistrasi. Dikutip dari Jawapos.

(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: