Sketsa News
Home Berita Terkini, News 12 Pemudik Tewas di Brexit, Fraksi PKS Minta Pemerintah Bertanggung Jawab

12 Pemudik Tewas di Brexit, Fraksi PKS Minta Pemerintah Bertanggung Jawab

Sketsanews.com – Pemerintah diminta tidak saling melempar tanggung jawab atas meninggalnya belasan orang saat perjalanan mudik di Brebes, Jawa Tengah. Pemerintah juga diminta introspeksi diri atas tragedi itu.

12-pemudik-tewas-di-brexit-fraksi-pks-minta-pemerintah-bertanggung-jawab-zyz

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini meminta pemerintah sebagai penanggung jawab utama pelayanan publik untuk melakukan investigasi dan evaluasi serius atas peristiwa yang bisa disebut Tragedi ini. Yakni, agar Pemerintah segera memanggil dan mengkoordinasikan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, operator jalan, aparat keamanan dan pihak-pihak terkait untuk memberi penjelasan dan membahas solusi jangka pendek dan panjang.

“Pemerintah harus introspeksi diri atas tragedi ini. Kenapa pelayanan jalan tol sampai begitu kacau Jangan membela diri atau melempar tanggung jawab, meremehkan atau menutup-nutupi masalah, apalagi sampai menyalahkan pemudik dan terkesan tidak berempati pada korban,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sindonews, Kamis (7/7/2016).

Menurut dia, jika perlu, pemerintah secara terbuka menyampaikan permintaan maaf yang tulus dan belasungkawa kepada keluarga korban atas tragedi ini.

Dia menambahkan, Fraksi PKS sendiri telah memerintahkan anggotanya yang duduk di Komisi V (perhubungan dan angkutan jalan) untuk menggali informasi dan klarifikasi terkait peristiwa ini.

Tak lupa, Jazuli juga meminta agar para anggota Fraksi PKS di Komisi V tersebut agar segera memanggil kementerian dan lembaga (K/L) terkait untuk dimintai pertanggungjawaban usai libur lebaran nanti.

“Kami mendesak Pemerintah agar segera melakukan langkah-langkah penanganan dan solusi jangka pendek untuk mengantisipasi arus balik lebaran. Jangan sampai tragedi ini terulang kembali, naudzubillah,” ucap wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Banten ini.

Dia menyampaikan belasungkawa dan duka mendalam kepada keluarga yang anggotanya mengalami musibah meninggal dalam peristiwa Kemacetan Brebes.

Jazuli mengaku, merasakan duka tersebut karena memahami bahwa maksud hati ingin berbagi gembira saat momentum lebaran, tapi ternyata Allah berkehendak lain.

“Ikhlaskan hati karena semua ini adalah takdir Allah sembari kita doakan agar yang wafat di lapangkan kuburnya dan diterima amal ibadahnya,” ucap Anggota Komisi I DPR RI ini. (Jk/ Sindo).

%d blogger menyukai ini: