Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Pendidikan 20 Perpustakaan Desa di Kendal Mati Suri

20 Perpustakaan Desa di Kendal Mati Suri

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kendal,Senin (28/8/2017). (Tribun Jateng/Dini Suciatiningrum)

Sketsanews.com, Kendal – Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kendal, Endang Srihandayani Widyastuti mengungkapkan dari 286 desa hanya 20 desa yang memiliki perpustakaan.

“20 perpustakaan yang ada itu pun sekarang kondisinya mati suri atau tidak berjalan lagi,” ujarnya, Senin (28/8/2017).

Endang mengatakan mati surinya perpustakaan desa disebabkan terbatasnya anggaran untuk memaksimalkan fungsi perputakaan.

Selain itu, menurut Endang, kepedulian pihak desa masih minim perhatian dan minat baca masyarakat masih rendah, sehingga tidak heran bila perpustakaan desa tidak berjalan.

“Sebenarnya koleksi buku-buku di perpustakaan desa lengkap tetapi terbatasnya anggaran membuat perpustakaan kurang terurus sebab tidak ada petugas perpustakaan, ” imbuhnya.

Untuk koleksi buku bacaan di DPAD akan menambah 4 ribu buku di tahun ini. Sehingha nantinya koleksi buku di DPAD mencapai sekitar 27 ribu buku.

Untuk menumbuhkan minat baca, pihaknya menempatkan perpustakaan keliling di sekolah, PAUD, panti jompo, dan SLB.

Pihaknya juga bekerjasama dengan taman baca terkait peminjaman buku-buku perpustakaan.

“Taman Baca bisa terus hidup, karena buku-buku yang disajikan selalu berbeda,” ucapnya.

Terpisah, Kepala DPAD Kendal, Abdussalam berharap ini minat baca masyarakat Kendal bisa bertambah dengan adanya penambahan fasilitas
“Bila gedung DPAD sudah tidak bisa dikembangkan lagi, maka bekas kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa diminta untuk perluasan perpustakaan daerah, ” imbuhnya. (Wis/Tribunnews)

%d blogger menyukai ini: