Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains 22-3-1993: Lahirnya Prosesor Pertama Intel Pentium

22-3-1993: Lahirnya Prosesor Pertama Intel Pentium

Sketsanews.com, JAKARTA – Intel merupakan salah satu nama terkenal dalam chip atau prosesor komputer. Salah satu yang terkenal dan lekat dengan nama Intel yaitu chip Pentium.

Menariknya, meski Intel telah berdiri sejak 1968, bisnis Intel baru berkembang cepat pada 1980-an, seiring dengan pasokan mikroprosesor ke IBM dan pembuat PC lainnya.

Memasuki 1990-an, Intel makin berkembang dengan merilis chip baru dengan nama Pentium. Langkah ini menjadi tonggak penting Intel dalam bisnis mikroprosesor.

Dikutip Viva.co.id, Selasa, 21 Maret 2017, 24 tahun lalu Intel Corporation mulai mengenalkan chip Pentium pertamanya pada 22 Maret 1993.

Chip Pentium pertama ini mengusung spesifikasi 60 dan 66 clock speed, 3,1 juta transistor, memori 4 GB, dan berukuran mini 16,7×17,6 mm.

Chip Pentium pertama Intel ini juga merupakan mikroarsitektur x86 superskala pertama dan merupakan ekstensi langsung dari arsitektur 80486.

Penamaan Pentium berasal dari kata Yunani, ‘pente’, yang berarti lima. Nama ‘lima’ ini merujuk pada chip pertama Pentium yang menggunakan mikroarsitektur generasi kelima.

Nama ‘pente’ itu kemudian dirangkaikan dengan akhiran latin ‘ium’ sehingga lahirlah nama Pentium.

Chip Pentium pertama itu dirancang mulai 1989. Rencananya Intel akan memamerkan chip Pentium pertama itu pada Juni 1992 pada pameran PC Expo dan mengumumkan secara resmi prosesor itu pada September 1992. Namun karena ada problem rancangan memaksa demo prosesor itu dibatalkan. Akhirnya Intel merilis resmi chip Pentium itu pada Maret 1993.

Nama merek Pentium menjadi khas Intel setelah itu dan menjadi bisnis inti perusahaan.

Pentium tak lepas dari ‘cacat’, karena ditemukan beberapa celah atau bug. Salah satu celah terkenal pada lini Pentium yakni celah Pentium FDIV.

Dalam perjalanannya, Pentium melambungkan nama Intel dan mengantarkan perusahaan prosesor itu merilis chip kategori menengah yaitu seri Celeron dan Core. (Eni)

%d blogger menyukai ini: