Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News 3 Racun Pada Alat Masak

3 Racun Pada Alat Masak

Ilustrasi kentang panggang. idaho potato

Sketsanews.com, Jakarta – Ketika berbicara soal makanan, tentunya kamu memperhatikan kebersihan dan kandungan nutrisi dari makanan yang akan kamu konsumsi bukan?

Tidak hanya memastikan bahwa makananmu tidak mengandung kuman dan bakteri, namun kamu juga memeriksa apakah makananmu mengandung racun atau tidak. Racun ini termasuk zat kimia yang nyatanya bisa ditemukan di peralatan masak yang kamu gunakan tiap hari. Dikatakan bahwa zat kimia tersebut mampu menyebabkan gangguan penyakit yang serius seperti infertilitas, gangguan berat badan, hingga kanker.

Sayangnya, kebanyakan dari kamu tidak menyadari fakta bahwa racun bisa ditemukan dalam peralatan masak yang ada sehingga kamu terus memakainya. Berikut adalah jenis-jenis racun dan alat masak yang mengandung racun di dalamnya tersebut.

1. Logam
Racun logam ternyata banyak ditemukan di dalam aluminium foil. Sayangnya, aluminium foil banyak digunakan untuk membungkus makanan dan memanggang makanan sebab bisa membuat makanan matang di bagian dalam dengan tekstur yang masih lembut.

Paparan logam aluminium foil bisa menyebabkan gangguan penyakit yang serius seperti Parkinson, Alzheimer, dan gangguan otak serius lainnya.

2. Asam perfluorooctanoic
Asam perfluorooctanoic banyak ditemukan di alat masak non-stick atau anti lengket seperti panci dan wajan. Proses pemanasan dengan menggunakan alat masak ini akan membuat kandungan asam makin keluar dan menyebabkan gangguan penyakit seperti infertilitas, kenaikan berat badan tak terkendali, serta gangguan konsentrasi pada anak-anak.

3. Politetrafluoroetilen
Selain asam perfluorooctanoic, peralatan masak berjenis non-stick juga mengandung Politetrafluoroetilen. Ketika masuk ke dalam tubuh, racun berbahaya ini bisa menyebabkan penyakit seperti nyeri sendi, gangguan pencernaan, serta gangguan tulang.

Terpapar zat kimia ini secara berlebihan juga bisa memancing munculnya sel kanker dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis racun berbahaya yang ternyata berasal dari alat masak yang kamu pakai sehari-hari. Untuk menghindarinya, tentu saja kurangi frekuensi pemakaian alat masak tersebut dan gantilah dengan alat masak yang lebih aman, seperti dilansir dari merdeka.com

(Fya)

%d blogger menyukai ini: