Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News 5 Keadaan yang Menunjukkan Paru-paru dalam Bahaya

5 Keadaan yang Menunjukkan Paru-paru dalam Bahaya

Paru-paru. (U-Report)

Sketsanews.com,  Jakarta – Paru-paru adalah salah satu organ dalam manusia yang memiliki fungsi untuk mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, ketika kita menghela napas serta menyebarkan oksigen ke dalam darah.

Berbicara tentang paru-paru, organ dalam yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh, yaitu untuk proses pernapasan. Jika tak ada paru-paru, tentu kita tidak bisa bernafas, jika paru-paru mengalami masalah, tentu pernapasan kita juga akan terganggu.

Oleh sebab itu, kita harus tetap menjaga kesehatan paru-paru kita sampai kapanpun. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berbicara tentang paru-paru, organ dalam yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh, yaitu untuk proses pernapasan, jika tak ada paru-paru, tentu kita tidak bisa bernafas, jika paru-paru mengalami masalah, tentu pernafasan kita juga akan terganggu. Oleh sebab itu kita harus tetap menjaga kesehatan paru-paru kita sampai kapanpun.

Dilansir dari viva.co.id, untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, kita juga harus mengetahui tanda-tanda atau gejala jika paru-paru kita bermasalah, sebab hal ini ditujukan untuk berjaga-jaga agar bisa melakukan penanganan lebih cepat. Agar kita bisa lebih berhati-hati dan bisa lebih tahu lagi mengenai paru-paru yang bermasalah, berikut ini lima keadaan yang menunjukkan paru-paru bermasalah atau dalam bahaya:

1. Batuk yang tidak kunjung sembuh
Anda pernah mengalami batuk kronis atau batuk yang tidak kunjung sembuh? Bahkan hingga berminggu-minggu batuk tetap saja masih sama dan tidak ada perubahan membaik. Jika anda mengalami hal semacam ini, sebaiknya anda tidak membiarkan begitu saja. Lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut. Konsultasikan pada dokter jika batuk anda belum sembuh dalam satu minggu meski sudah minum obat. Sebab, bisa saja itu salah satu tanda ada masalah pada paru-paru. Biasanya batuk yang disebabkan karena paru-paru adalah batuk yang disertai dengan rasa nyeri pada paru-paru.

2. Sesak nafas
Jika anda mengalami sesak nafas, waspadalah. Sesak nafas adalah salah satu tanda bahwa pernafasan anda sedang bermasalah. Jika anda tidak melakukan aktivitas yang berat atau memberatkan, namun anda mengalami sesak nafas, maka bisa saja itu tanda paru-paru anda sedang mengalami masalah. Segeralah untuk konsultasi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

3. Batuk diikuti muntah darah
Batuk memang terkadang dianggap sebagai suatu hal yang biasa. Tapi bagaimana kalau ternyata batuk disertai dengan keluarnya darah dari dalam mulut? Anda jangan membiarkan jika hal ini terjadi. Segeralah periksakan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan lebi hlanjut. Sebab, hal ini bisa menunjukkan bahwa paru-paru sedang bermasalah. Bisa saja hal ini disebabkan karena infeksi paru-paru, sehingga menyebabkan pendarahan dan disertai dengan batuk.

4. Tenggorokan sakit
Tenggorokan yang sakit membuat kita sulit untuk menelan berbagai macam makanan. Anda pernah mengalami? Jika anda mengalami dan berlangsung cukup lama, maka segeralah periksakan ke dokter. Biasanya jika penyakit tenggorokan berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh adalah salah satu tanda terjadinya masalah pada paru-paru.

5. Berat badan menurun drastis
Anda merasa berat badan anda kemarin masih normal atau bagkan lebih. Namun sekarang berat badan anda turun secara drastis. Jika hal ini terjadi, maka segeralah periksakan ke dokter. Anda harus waspada. Sebab, berat badan yang turun secara drastis bisa disebabkan karena adanya suatu penyakit dalam paru-paru. Untuk berjaga-jaga dan penanganan lebih cepat, segeralah periksakan ke dokter.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: