Sketsa News
Home Berita Terkini, News Anies Hadiri Peluncuran Buku Soal Pengalaman Kepemimpinannya

Anies Hadiri Peluncuran Buku Soal Pengalaman Kepemimpinannya

Sketsanews.comJakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri peluncuran bukunya berjudul ‘Ketika Anies Baswedan Memimpin’. Anies menceritakan pengalaman dan filosofinya dalam memimpin.

Peluncuran buku tersebut dilakukan di Gramedia, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Jumat (3/2/2017). Hadir penulis buku tersebut yaitu Muhammad Husnil dan istri Anies, Fery Farhati.

“Banyak yang mengatakan kalau pak Anies gagal setelah dari Mendikbud. Kemudian saya menceritakan kenapa untuk mengklarifikasi. Masa sih, mas Anies cuma bisa ngomong. Akhirnya saya baru tahu Anies bukan hanya bicara.

Beliau mengajak orang untuk bergerak. Lewat kata-kata tersebut bisa menggerakkan orang lain,” kata Husnil.Anies menceritakan pengalamannya sehingga menjadi seorang yang pandai berorasi. Ia mengatakan keahliannya didapat dari kakek dan ayahnya.

“Di rumah itu sering banyak tamu, di meja makan banyak perdebatan. Perdebatannya keras tapi sopan. Tidak ada kata yang menyinggung. Kakek saya sering membawa saya ke tokoh-tokoh yang ada di Yogyakarta untuk berdiskusi,” katanya.

“Ayah saya juga yang mendorong saya tidak mempunyai rasa takut. Saya disorong untuk berani menyuarakan pendapat,” sambungnya.

Anies menuturkan kerap berbeda pendapat dengan lawan-lawannya. Namun ia mengatakan ada filosofi yang selalu dipegang saat berbeda pendapat.

“Saya terbiasa berbeda saat menjadi mahasiswa atau saat di masa sekolah dulu. Tapi saya punya prinsip tidak akan merendahkan, tidak pernah menuding,” ucap Anies.

Anies mengatakan sebagai pemimpin harus bisa merasakan apa yang dirasakan rakyatnya. Ia menekankan pemimpin harus menghormati yang menjadi pengikutnya.

“Saya rasa sebagai pemimpin masalahnya adalah menghormati orang yang dipimpin. Leadership dan followership itu adalah saling berkaitan. Untuk menjadi leader harus punya skill followership juga agar bisa merasakan perasaan yang dipimpin,” katanya. dikutip dari Jpnn
(Tb)

%d blogger menyukai ini: