Sketsa News
Home News Astronot AS Pertama yang Mengelilingi Bumi Dimakamkan

Astronot AS Pertama yang Mengelilingi Bumi Dimakamkan

Mantan Astronot AS John Glenn. (History.com)

Sketsanews.com, Amerika Serikat – Bendera Amerika Serikat di seluruh dunia diperintahkan untuk berkibar setengah tiang, pada Kamis, 6 April kemarin, untuk menghormati wafatnya John Glenn.

Mengutip situs vivanews, Jumat, 7 April 2017, Glenn adalah orang Amerika pertama yang mengorbit bumi selama lima jam pada 1962 silam. Ia adalah manusia kedua yang berhasil terbang ke luar angkasa, setelah Kosmonot Yuri Gagarin, satu tahun sebelumnya.

Glenn sendiri wafat pada 8 Desember 2016 di usia ke-95 tahun di Ohio. Di bawah hujan lebat, peti mati Glenn, yang terbungkus bendera AS, ditarik dari kereta kuda di Arlington National Cemetery, luar Washington DC.

Kariernya dimulai sebagai pilot pesawat tempur Marinir AS, astronot NASA, dan terakhir, seorang senator. Pada 1998, Glenn lagi-lagi membuat rekor sejarah ketika ia kembali ke ruang angkasa pada usia 77 tahun.

Ini membuat dirinya menjadi astronot tertua yang pernah terbang ke sana. Presiden Donald Trump memerintahkan semua bendera di gedung-gedung pemerintah di Amerika Serikat dan luar negeri dikibarkan setengah tiang dari matahari terbit sampai terbenam “sebagai tanda penghormatan untuk mengenang John Glenn.”

“Senator Glenn lebih dari seorang astronot. Dia adalah pahlawan dan ikon Amerika. Dia yang kami butuhkan di tengah cepat berubahnya dunia,” kata Administrator NASA Robert Lightfoot, dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Astronot Kanada Chris Hadfield mengatakan bahwa Glenn adalah sosok yang menginspirasi bagi seluruh astronot dan keluarga besar NASA. “Kami tidak akan pernah melupakan dia,” ucapnya. (Sh)

%d blogger menyukai ini: