Sketsa News
Home Berita Terkini, News Awalnya Cuma 4, Kini Jadi 12 RS Swasta Terima Vaksin Palsu

Awalnya Cuma 4, Kini Jadi 12 RS Swasta Terima Vaksin Palsu

Sketsanews.com – Bareskrim Polri terus mengembangkan penyidikan kasus vaksin palsu. Dari hasil pemeriksaan, diketahui sebanyak 12 Rumah Sakit (RS) swasta telah menerima pasokan vaksin palsu dari 18 tersangka pembuat dan pengedarnya.

vaksins-696x399

Padahal sebelumnya, berdasarkan hasil pengembangan awal hanya ada empat rumah sakit yang menerima pasokan vaksin palsu.

“Memang awalnya ada empat. Setelah kami fokuskan ke distribusi ternyata sekarang bertambah jadi 12 rumah sakit,” beber Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (6/7) di Mabes Polri.

Ketika ditanya nama ke-12 rumah sakit itu‎, jenderal bintang satu ini enggan membocorkan. Pasalnya saat ini masih tahap penyelidikan dan dikhawatirkan pihak rumah sakit akan menghilangkan barang bukti berupa vaksin palsu tersebut.

“12 rumah sakit ini tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera‎. Kami minta pihak terkait seperti Kemenkes untuk menelusuri vaksin palsu ini sudah diberikan ke siapa saja‎,” tambahnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri membongkar jaringan produsen dan pengejaran vaksin palsu dengan menetapkan 18 tersangka. 16 tersangka itu kini ditahan di Bareskrim, sementara dua lainnya tidak ditahan karena masih di bawah umur.

Mereka ada yang berperan sebagai pembuat vaksin, pengumpul botol vaksin bekas, pembuat label vaksin hingga distributor.

Atas perbuatannya seluruh tersangka dijerat dengan UU Kesehatan, UU Perlindungan Konsumen dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang ancaman hukuman di atas ‎10 tahun penjara.(Ro/Radarlampung)

%d blogger menyukai ini: