Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains Badan Antariksa Eropa Luncurkan Peta Bima Sakti

Badan Antariksa Eropa Luncurkan Peta Bima Sakti

roket_20160316_190851

Sketsanews.com – BADAN antariksa Eropa (ESA), Rabu (14/9) waktu setempat meluncurkan peta menakjubkan tentang Bima Sakti, termasuk gambar jutaan bintang hingga setengah juta kali lebih terang daripada yang bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Peta ini merupakan hasil pemotretan dari Teleskop Gaia yang diluncurkan pada 2013 di Prancis. Gambar yang ditangkap oleh teleskop kembar Gaia ini memindai langit berulang-ulang dengan kamera miliaran pixel.

“Resolusi ini cukup tajam untuk mengukur diameter rambut manusia pada jarak 1.000 kilometer (620 mil),” kata Anthony Brown, seorang peneliti di Universitas Leiden di Belanda dan anggota dari pengolahan data dan analisis tim Gaia.

Gaia memetakan posisi bintang di Bima Sakti, yang membentang sekitar 100.000 tahun cahaya, dalam dua cara. Tidak hanya menentukan lokasi mereka dengan memindai setiap beberapa bintang, tapi juga gerakan mereka.

Peta Bima Sakti yang baru dirilis ini menunjukkan lokasi detil dari miliaran bintang. Hal ini merupakan penemuan paling berharga bagi para astronom meski itu hanya satu persen dari perkiraan populasi bintang yang ada di galaksi kita.

(bin/media indonesia)

%d blogger menyukai ini: