Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Bahaya Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi

Bahaya Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi

Ilustrasi Obat nyamuk semprot. foto:Doktersehat.com

Sketsanews.com, Jakarta – Obat nyamuk semprot masih menjadi favorit para ibu untuk mengusir nyamuk di rumah. Ada pendapat bahwa obat nyamuk jenis ini tidak mengganggu pernapasan.
Namun berhati-hatilah memakai obat nyamuk semprot, terutama jika Anda memiliki bayi di rumah.

Faktanya, saat obat nyamuk disemprotkan di ruangan rumah Anda, bayi ikut menghirup obat nyamuk tersebut. Kandungan kimia pada obat nyamuk akan melewati hidung, tenggorokan, paru, dan organ lainnya.

Ini sangat membahayakan karena organ bayi masih terus berkembang setelah lahir. Berbeda dengan orang dewasa yang sudah memiliki organ tubuh sempurna, saat terpapar obat nyamuk semprot, hati dan ginjal bayi yang belum matang, tidak dapat mengeluarkan racun dari tubuh..

Apalagi jumlah napas per menit bayi lebih banyak dari orang dewasa. Sehingga bayi akan menghirup obat nyamuk lebih banyak dari orang dewasa.

Berikut adalah beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai dampak obat nyamuk semprot pada bayi:

a. Sebuah studi terhadap anak-anak Yaqui Indian di Meksiko menemukan fakta bahwa susunan fungsi otak dan sistem saraf anak-anak tersebut terganggu akibat terpapar obat nyamuk selama masa perkembangan. Gangguan ini juga berdampak pada perilaku sosial dan kemampuan mereka untuk menggambar.

b. Beberapa penelitian telah menghubungkan paparan obat nyamuk semprot selama kehamilan dan masa kanak-kanak dengan kemungkinan ADHD. Para ahli juga mengatakan, mengonsumsi makanan yang terpapar obat nyamuk semprot dapat meningkatkan risiko ini.

c. Dengan menggunakan teknologi MRI, para periset menemukan bahwa paparan terhadap obat nyamuk semprot dapat mengubah arsitektur otak, terutama pada anak-anak.

d. Lebih mengkhawatirkan lagi, bayi yang merangkak pada karpet yang sering terpapar obat nyamuk semprot juga berpotensi terkena kandungan kimia. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi pemakaian obat nyamuk semprot di rumah. Nah, agar bayi terhindar dari gigitan nyamuk, sebaiknya gunakan kelambu saja di atas tempat tidur bayi. Dilansir dari laman Klikdokter.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: