Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Bangun Anak Usaha, Pelindo II Siapkan Dana Rp200 Milyar

Bangun Anak Usaha, Pelindo II Siapkan Dana Rp200 Milyar

Sketsanews.com, Bandung – PT Pelindo II bakal menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi hub Internasional. Rencananya Priok menjadi hub internasional pada semester II 2017. Di Pelabuhan ini nantinya akan dibuat tempat barang-barang yang dikumpulkan dari daerah.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan saat menjadi hub internasional nanti, kapal besar dengan muatan penuh sebelum diekspor sudah bisa masuk. Dengan demikian diharapkan dapat menambah minat shipping line lainnya untuk singgah di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sementara ini sudah ada 3 shipping line yang tertarik dengan hub internasional ini. Kapal besar tidak mungkin datang ke Jakarta kalau dia tidak ada barang yang dibawa pergi. Supaya ada barang yang dibawa sama dia makanya ada kargo konsolidasi. Nah barang ini dikumpulkan dulu di Priok baru dibawa,” ungkapnya di Hotel Hilton, Bandung, dikutip dari Okezone, Sabtu (4/2/2017).

Sebelumnya, Elvyn mengatakan dengan menjadikan Tanjung Priok sebagai hub internasional untuk mencapai kepentingan nasional sehingga Indonesia akan bisa berkompetensi dengan Singapura. Dengan adanya hub internasional ini, barang-barang yang akan dikirim keluar negeri tidak perlu melalui Singapura.

“Sehingga barang-barang dari daerah enggak perlu ke Singapura kalau mau pergi ke Osaka, Taiwan. Tapi dikonsolidasikan dulu di Tanjung Priok. Yang berikutnya, dengan cara ini mengakibatkan rute pelayaran itu menjadi lebih efisien, lebih efektif. Khususnya untuk daerah di Pulau Jawa dan Sumatera,” tukasnya.

Elvyn juga melihat bila Priok menjadi hub internasional akan menghemat biaya. Penghematan juga bervariatif di setiap jalur. Namun secara keseluruhan ia menaksir penghematan bisa mencapai sekitar Rp1 juta- Rp1,5 juta per kontainer.
(Ro)

%d blogger menyukai ini: