Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Pendidikan Bikin Pembangkit Listrik dari Ban Sepeda

Bikin Pembangkit Listrik dari Ban Sepeda

INOVATIF: Mahasiswa IAIN Jember berhasil membuat charger HP yang bersumber dari putaran ban. (Imam for Radar Jember)

Sketsanews.com,Jember– mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tak ingin tertinggal dalam penelitian. Mereka melakukan inovasi penelitian agar menemukan sesuatu yang baru, seperti pembangkit listrik dari tenaga ban. Sejumlah mahasiswa IAIN Jember membuat charger HP dengan sumber listrik dari putaran roda sepeda.

“Penelitian ini muncul  saat melihat  dinamo yang dipakai untuk menyalakan  lampu depan sepeda,” kata Imam S Arifin, koordinator tim peneliti IAIN Jember. Para peneliti IAIN Jember tersebut adalah Wildan Fathoni, Nuri Vina Mawaddah, Khairin Nisaq, Siti Fatimah dan Sucahyati Sanubari. Mereka adalah mahasiswa Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember.

Menurut Imam, agar dinamo  bermanfaat, maka ada inisiatif  mengubah energi gerak dari dinamo menjadi energi listrik.  Energi dinamo yang berarus AC diubah menjadi arus DC  agar bisa mengisi baterai  HP dengan gerak putaran ban sepeda.

Asumsi kami, kata dia,  menggerakkan dinamo untuk menghasilkan listrik. Sehingga, ban sepeda  dan dinamo dirangkai, putaran ban sepeda dimanfaatkan untuk menggerakkan dinamo. Jenis dinamo yang digunakan adalah dinamo AC (alternating current) atau arus bolak-balik.  Setelah listrik berhasil didapatkan,  dibuat rangkaian untuk mengubah arus AC ke arus DC (Direcnating Current) atau arus searah.

Rangkaian tersebut disebut Genera-Tar  karena  menggunakan wadah kue Tar sebagai tempat rangkaiannya. Dalam Genera-Tar itu, arus listrik pertama kali akan masuk ke Elco 1000 microparat, yang akan mengubah arus AC ke arus DC. Setelah menjadi DC, maka arus akan masuk ke bridge rectifier yang berfungsi untuk menstabilkan arus.

Setelah itu, lanjut dia, arus akan masuk ke IC (L 7805 CV) yang berfungsi agar arus yang keluar selalu 5 volt. Selain itu, rangkaian ini menggunakan lampu LED sebagai indikator adanya arus listrik. “Setelah listrik diolah di dalam Genera-Tar tersebut, sudah bisa digunakan untuk mengisi baterai handphone, android sekalipun, yang berkapasitas 1 ampere,” ucapnya Seperti Dikutip dari Jawapos

Dari proses tersebut, mahasiswa IAIN Jember mampu menciptakan “sepeda cargher”.  Sepeda dipilih agar lebih ramah lingkungan, dan membangkitkan semangat hidup sehat dengan bersepeda. “Mengingat polusi udara sekarang sudah semakin tak terkendali,” tuturnya.

Ketika hendak menggunakan sepeda, warga juga bisa mengisi baterai handphone. Cara memasangnya adalah: pastikan dinamo terpasang dengan benar pada ban sepeda, kemudian mengayun pedal sepeda dengan kecepatan sedang.

(Tb)

%d blogger menyukai ini: