Sketsa News
Home Berita Terkini, News Bom Bunuh Diri di Polresta Solo, BIN: Analisa Kami ini Simpatisan ISIS

Bom Bunuh Diri di Polresta Solo, BIN: Analisa Kami ini Simpatisan ISIS

Sketsanews.com – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menduga pelaku bom bunuh diri di halaman Mapolresta Solo, Jl Adi Sucipto, merupakan anggota simpatisan ISIS. Kelompok teror yang berafiliasi dengan ISIS disebut punya strategi berbeda dalam melancarkan aksinya termasuk di Indonesia.

afa5b9d2-14f0-42dd-a132-5738173be93c_169

“Yang mendalami mengenai pelaku dan jaringannya tentunya polisi karena mereka yang menangani. Tapi analisa kami, itulah dari simpatisan ISIS. (Serangan teror) Di Indonesia memang rada spesifik targetnya, kalau yang di negara lain korbannya siapa saja,” kata Sutiyoso saat dihubungi detikcom, Selasa (5/7/2016).

BIN memang sudah mendeteksi adanya kemungkinan serangan yang dilakukan kelompok teror di Indonesia. BIN juga ikut menganalisis sejumlah serangan di luar negeri yang berkaitan dengan kelompok ISIS.

“ISIS telah mengubah strateginya dengan melakukan serangan di negara masing-masing oleh simpatsiannya. Perubahan strategi ini akibat kekalahan di medan tempur Iraq dan Syria,” sebut Sutiyoso.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan Polri bergerak cepat menyelidiki pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo. Pelaku tewas karena bom yang dibawa diledakkan saat menerobos ke halaman Mapolresta.

“Nanti kita bisa teliti, bisa kita identifikasi dari kelompok mana. Nanti ketahuan, sabar saja,” kata Badrodin saat dihubungi detikcom.

Pelaku yang menggunakan motor masuk menerobos halaman Mapolresta pada pukul 07.45 WIB. Saat menerobos seorang diri, seorang anggota Provos menghalanginya. Pelaku balik arah dan langsung meledakkan bom yang dibawanya.

Badrodin belum mendapatkan informasi soal jenis bom yang diledakkan pelaku. Polisi masih melakukan identifikasi di lokasi kejadian.

“Kelompok mana dan jenis bomnya apa nanti akan diketahui,” ujar Badrodin. (Jk/ detik).

%d blogger menyukai ini: