Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Bom bunuh diri kembali guncang Irak, 30 tewas

Bom bunuh diri kembali guncang Irak, 30 tewas

Sketsanews.com-Sebanyak 30 orang tewas akibat serangan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) di sebuah makam kaum Syiah di utara Baghdad, Irak.

160708025804_balad_iraq_bomb_640x360_bbc_nocredit

Dalam serangan itu, ISIS melancarkan bom bunuh diri serta menembaki orang-orang dengan senjata api dan mortir. Juru bicara Operasi Gabungan di Irak menyatakan serangan juga mengakibatkan 50 orang terluka.

Insiden itu terjadi di makam Sayyid Mohammed, di kawasan Balad, sekitar 70 kilometer sebelah utara Baghdad, pada Kamis (7/7).

ISIS memulai serangan dengan menembakkan mortir, diikuti serangan bom bunuh diri. Dua pelaku bom bunuh diri, meledakkan bom di area pasar, samping makam. Sementara pelaku bom bunuh diri ketiga, terbunuh sebelum meledakkan diri. Belum ada keterangan resmi siapa pihak yang menewaskan pelaku bom bunuh diri yang ketiga.

Irak diguncang dua serangan bom dalam sepekan terakhir. Serangan di Balad ini terjadi beberapa hari setelah serangan bom di daerah Karrada, yang menewaskan 292 orang.

baghdad

Lokasi serangan di Karrada, Baghdad porak-poranda, yang mengindikasikan dahsyatnya ledakan.

Insiden ini menjadikan pemerintah Irak sebagai sasaran kritik publik. Bahkan, Perdana Menteri harus berhadapan dengan khalayak yang geram ketika dia mengunjungi lokasi ledakan di Karrada.

Terkait dengan pemboman, Menteri Dalam Negeri Irak, Mohammed Ghabban, mengajukan pengunduran diri. Namun, permohonannya belum diterima.

Ghabban menilai pos-pos pemeriksaan yang tersebar di Baghdad “sama sekali tidak berguna”, sebagaimana dikutip kantor beritaAFP

Pemerintah Irak kini meningkatkan taraf keamanan di Baghdad dan akan mengeksekusi terpidana kasus terorisme dalam waktu dekat.

(Jk/ Tribun).

%d blogger menyukai ini: