Sketsa News
Home Berita Terkini, News Bom di Mapolresta Solo, Kepala BIN: ISIS Telah Ubah Strateginya

Bom di Mapolresta Solo, Kepala BIN: ISIS Telah Ubah Strateginya

bom-di-mapolresta-solo-kepala-bin-isis-telah-ubah-strateginya-SfTO7u3bjg

Sketsanews.com – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengomentari terkait aksi bom bunuh diri yang terjadi di halaman Mapolresta Solo, Jawa Tengah. Ia melihat aksi itu ada korelasi dengan kelompok militan ISIS yang kini mulai mengubah strategi terornya.

“Secara global ISIS telah mengubah strateginya. Di medan tempur seperti di Suriah sana mereka terus mengalami kekalahan beruntun,” kata Sutiyoso dalam telewicara live Breaking News di iNewsTV, Selasa (5/7/2016).

Menurutnya, ISIS terus mengalami kekalahan karena kota-kota kekuasaannya terus digempur pasukan sekutu dan pemerintah, sehingga mereka mulai mengubah strateginya dengan menyerang negara-negara non muslim langsung di tempatnya.

Hal itu dilakukan baik dengan cara mengirim orang secara langsung atau menginstruksikan simpatisannya yang ada di negeri sasaran. “Di Indonesia ini kan masih ada simpatisan ISIS yang belum sempat berangkat ke Suriah,” ujar pria yang akrab disapa Bang Yos itu.

Ia mengatakan, pihaknya tak bisa menuntut mereka sekali pun diketahui bahwa simpatisan ISIS tersebar di mana-mana. “Bahkan ada juga yang pulang dari sana yang punya kemampuan menyerang juga masih berkeliaran di sekirat kita. Nah, yang penting bagaimana mewaspadai,” sebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sutiyoso enggan menyebut daerah mana saja di Indonesia yang ada simpatisan ISIS. Alasannya, jika ia sebutkan tempatnya maka hanya orang daerah itu saja yang waspada terhadap serangan ISIS nantinya.

(ab/okezone)

%d blogger menyukai ini: