Sketsa News
Home Berita Terkini, News BPJS-TK Inisiasi Alternatif Pembiayaan untuk Pekerja Rentan

BPJS-TK Inisiasi Alternatif Pembiayaan untuk Pekerja Rentan

Sketsanews.com – BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) mengajak negara-negara selatan global untuk mencari alternatif pembiayaan bagi perlindungan pekerja rentan. Hal itu mengemuka dalam ILO–China–ASEAN High Level Seminar on Universal Social Protection through South-South Cooperation di Beijing, Tiongkok, Senin (5/9).

bpjs-ketenagakerjaan

Direktur Utama BPJS-TK Agus Susanto yang hadir sebagai salah satu pembicara mengatakan Indonesia juga menghadapi tantangan untuk membuat masyarakat dapat menikmati perlindungan jaminan sosial dan hidup layak. Ia pun mendorong penyelenggara jaminan sosial untuk tidak tinggal diam dan terus melakukan inovasi sosial dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah.

“Pemerintah dan organisasi jaminan sosial harus mampu memberikan pilihan solusi kepada masyarakat apabila kapasitas fiskal yang dimiliki pemerintah terbatas sehingga tidak tersedia dana subsidi untuk para pekerja rentan,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, kemarin (Kamis, 8/9).

Agus menambahkan jajaran Direksi BPJS-TK saat ini sedang mengembangkan program untuk memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang disebut dengan Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

“Dana donasi dapat berasal dari dana CSR (corporate social responsibility) perusahaan, baik swasta, BUMN, maupun sumbangan personal.”

Di Jakarta, BPJS-TK kembali mendapatkan penghargaan di bidang pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam Indonesian Human Capital Study (IHCS) 2016 yang digelar Dunamis Human Capital di Jakarta, kemarin.

Dalam pergelaran Penghargaan IHCS 2016, BPJS-TK menerima penghargaan best of CEO commitment on human capital development yang di terima langsung Direktur Utama BPJS-TK, Agus Susanto.

BPJS-TK juga meraih penghargaan dalam kategori best employee NPS (net promote score) dan best engagement di sektor industri asuransi yang diserahkan kepada Direktur Umum & SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz.

“Perencanaan kebutuhan dan pengembangan SDM penting dilakukan untuk memenuhi ekspektasi publik dalam pelayanan.”
(Ro/MI)
%d blogger menyukai ini: