Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Budidaya Jambu Madu, Potensi Ekonomi dan Wisata di Teluk Meranti

Budidaya Jambu Madu, Potensi Ekonomi dan Wisata di Teluk Meranti

NANDO, petani buah jambu madu binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP), di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kamis, 17 Agustus 2017. foto:riauonline.co.id

Sketsanews.com, Pekanbaru – Menjadi salah satu desa wisata di Riau dengan Ombak Bono, masyarakat Teluk Meranti melakukan beberapa usaha agar pariwisata di daerah tersebut tetap menarik. Seperti yang dilakukan oleh Nando, untuk menjaga daya tarik desa ia mengembangkan Taman Wisata Jambu Madu.

Disebutkan Nando bahwa jambu madu tersebut merupakan bantuan dari salah satu korporasi yang ada di Teluk Meranti kepada masyarakat. Bantuan bibit jambu madu tersebut diserahkan kepada beberapa masyarakat untuk dibudidayakan.

“Saya sendiri menerima sekitar 25 bibit dan saat ini sudah berusoa delapan bulan,” ujar Nando, Jumat (18/8/2017).

Dengan lahan luas yang dimiliki Nando, ia menanam jambu madu tersebut dalam beberapa baris di dekat kawasan hutan yang dimilikinya. “Nantinya pohon-pohon jambu madu ini akan seperti taman yang buahnya bisa dinikmati,” ungkapnya.

Nando juga mengatakan bahwa dirinya sengaja menanam jambu madu bersisian dengan kawasan hutan, sehingga cocok untuk beraktivitas trekking. Wisatawan yang datang ke Teluk Meranti bisa melakukan jelajah hutan dan juga mengunjungi taman jambu madu nantinya.

“Jambu madu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh karena sudah mulai banyak masyarakat desa yang memanfaatkannya,” kata Nando, seperti dikutip dari laman Cakaplah.

Selain itu, dengan banyaknya usaha burung walet di Teluk Meranti, kotoran burung tersebut juga bisa dijadikan pupuk bagi jambu madu. Ini bisa menyuburkan dan juga memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah tersebut.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: