Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News China Kembali Tegaskan Tak Akan Akui Kemerdakaan Taiwan

China Kembali Tegaskan Tak Akan Akui Kemerdakaan Taiwan

Presiden China, Xi Jinping. (Foto: Reuters)

Sketsanews.com, Beijing – Pemerintah China kini tengah menggelar pertemuan parlemen tahunan. Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah terkait konflik negeri Tirai Bambu dengan Taiwan.

Diwartakan Reuters, Senin (6/3/2017), Pemerintah China mencurigai Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen berperan dalam gagalnya dialog antara Beijing dan Taipei.

Sebagaimana diberitakan, Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokratik (DPP) diketahui mendukung kemerdekaan Taiwan. Tsai mengatakan, ia akan tetap menjaga kedamaian dengan China tanpa harus menyetujui prinsip ‘Satu China’.

Sementara itu, di lain pihak China juga terus bersikukuh untuk menekan Taiwan.

“Kami tidak akan pernah mentolerir aktivitas dalam bentuk apa pun yang mencoba untuk memisahkan Taiwan dari ibu pertiwi (China),” ujar anggota Parlemen China, Li Keqiang.

Li menambahkan, China akan senantiasa melindungi kedaulatan nasional dan menjaga integritas wilayah.

Sebelumnya, China terus menekan Presiden Tsai Ing-wen agar menyetujui prinsip ‘Satu China’ atau mengakui Taiwan sebagai bagian dari China. Hal itu karena China memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri dan perlu diambil kembali meskipun dengan cara paksa.

China telah mengklaim kedaulatan atas Taiwan sejak 1949, ketika pasukan komunis Mao Zedong menang dalam perang saudara melawan Chiang Kai-shek yang mewakili Taiwan.

Berbeda dengan Taiwan yang terus berkeras menolak prinsip ‘Satu China’, wilayah bekas jajahan Inggris, Hong Kong telah terlebih dahulu bersedia kembali bergabung ke China pada 1997. Dikutip dari Okezone.com.

(ip)

%d blogger menyukai ini: