Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Peristiwa Cihui, Danau Situ Lembang Segera Diteberi 50 Ribu Ikan

Cihui, Danau Situ Lembang Segera Diteberi 50 Ribu Ikan

Walikota Mangara bersama rombongan meninjau pengerukan lumpur Situ Lembang, Menteng. (Joko)

Sketsanews.com, Jakarta – Warga menyambut baik rencana Pemkot Jakarta Pusat akan menebar 50 ribuan ikan nila dan lele di danau Situ Lembang, Jl Lembang, Menteng. “Rasanya kami tak sabar menunggu penebaran bibit ikan sebanyak itu. Pasti seru,” ujar M. Zaelani, warga Kelurahan Menteng, Sabtu (2/9).

Menurutnya, program revitalisasi danau di lingkungan permukiman elit ini sangat membanggakan. “Sudah sebulan lebih, petugas mengeruk lumpur lalu memasang turap di sekeliling danau ini, tentu akan membuat Situ Lembang menjadi lebih bagus. Selain berfungsi sebagai resapan air sekaligus nilai rekreasinya sangat tinggi,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, Walikota Jakpus Mangara Pardede bersama rombongan meninjau progres revitalisasi Situ Lembang. “Danau ini sebelumnya tergolong dangkal karena sudah bertahun-tahun tak pernah dikeruk,” ujar Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota didampingi Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakpus, Dicky dan sejumlah pejabat lainnya. “Lumpurnya dikeruk dan kini kedalaman danau sudah ideal, lebih dari 3,5 meter,” tambahnya.

Pengerukan lumpur dilakukan sejak akhir Juli lalu dan hingga kini masih dikerjakan. “Selesai mengeruk lumpur maka dilanjutkan dengan perbaikan air mancur oleh Sudin Kehutanan dan perbaikan turap oleh Sudin SDA. Diperkirakan akan selesai satu bulan lagi,” jelas Mangara.

Jika semua perbaikan sudah selesai, sambung Mangara, maka pihaknya akan menebar sekitar 50 ribu benih ikan terdiri dari ikan nila dan lele. “Keberadaan ikan-ikan di air danau yang jernih ini akan semakin menarik perhatian warga,” papar Mangara.

Selama ini kawasan Taman Situ Lembang banyak dikunjungi warga, terutama kalangan muda-mudi untuk menikmati pemandangan danau yang dikelilingi puluhan pohon tua. Selain itu, banyak juga warga yang hobi memancing.

Keindahan Situ Lembang pernah disalahgunakan oknum muda-mudi yang bolos sekolah lalu nongkrong di taman sambil merokok dan pacaran. Selain itu, pedagang kaki lima membuat kotor lingkungan karena memuang sampah sembarangan. Hal itu membuat warga merasa terganggu dan membatasi waktu kunjungan di lokasi tersebut. Dikutip dari Poskota.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: