Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Dalami Peran Setnov, KPK Periksa PNS Kemendagri dan Pihak Swasta

Dalami Peran Setnov, KPK Periksa PNS Kemendagri dan Pihak Swasta

Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Sketsanews.com, Jakarta  —  Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil sejumlah saksi terkait tindak pidana korupsi untuk tersangka Setya Novanto (Setnov). Sedikitnya dua orang akan dimintai keterangannya.

“Benar hari ini KPK menjadwalkan dua orang sebagai saksi untuk tersangka SN,” ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah, dikutip dari laman Merdeka Rabu (29/8).

Dua saksi tersebut adalah, Dudy Jocom, pegawai negeri sipil di Kementerian Dalam Negeri, dan Husaini dari pihak swasta. Kendati demikian, belum terkonfirmasi kehadiran dua saksi tersebut.

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua DPR Setya Novanto (SN) sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012. Peran Setya Novanto terlacak mulai dari proses perencanaan hingga pembahasan anggaran di DPR hingga pengadaan barang dan jasa.

Setnov disangkakan melanggar pasal 3 atau pasal 2 ayat 1 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Setnov dituduhkan menyalahgunakan kewenangan hingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 2,3 triliun dalam proyek tersebut.

Dalam perkara yang sama, penyidik juga memanggil sejumlah saksi untuk tersangka Markus Nari. Enam orang dari pihak swasta dan anggota konsorsium dijadwalkan untuk dimintai keterangannya.

Sama dengan Setya, Markus disangka telah melanggar Pasal 3 atau pasal 2 ayat 1 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

[As]

%d blogger menyukai ini: