Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Datang ke Sukabumi, Jokowi Ulang Sejarah Bung Karno 65 Tahun Lalu

Datang ke Sukabumi, Jokowi Ulang Sejarah Bung Karno 65 Tahun Lalu

Arsip ANRI soal kedatangan Bung Karno ke Sukabumi pada 65 tahun lalu (Foto: Arsip ANRI/Rangga Pamungkas)

Sketsanews.com, Sukabumi – Wali Kota Sukabumi M Muraz mengaku bangga dengan kedatangan Presiden Joko Widodo ke kotanya. Tidak hanya sehari, Jokowi juga rencananya akan ikut Salat Idul Adha di Lapang Merdeka Kota Sukabumi pada Jumat (1/9/2017) pagi.

“Alhamdulillah ini sebuah kebanggan, kehormatan. Dulu Bung Karno tahun 1952 sama seperti Pak Jokowi hari ini. 65 tahun yang lalu Bung Karno juga menginap di Sukabumi, menginap semalam kemudian melakukan Salat Idul Adha di Lapang Merdeka,” kata Muraz, Kamis (31/8/2017) malam.

Potongan koran soal kedatangan Bung Karno ke Sukabumi pada Hari Raya Idul Adha 65 tahun lalu (Foto: Arsip ANRI/Rangga Pamungkas)

Detikcom mencoba menggali referensi terkait informasi tersebut kepada Ketua Komunitas Sukabumi History, Rangga Pamungkas (40). Rangga membenarkan cerita Wali Kota Muraz.

“Presiden Jokowi membuat sejarah kembali berulang. Dulu Bung Karno menginap di sebuah hotel di kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani yang sekarang jadi toko serba ada. Sebelum dirobohkan, hotel itu berganti nama menjadi Hotel Merdeka tidak lama setelah Bung Karno bermalam,” kata Rangga.

Diceritakan Rangga, pada pagi 31 Agustus 1952, Sukarno berbaur bersama ribuan masyarakat Kota Sukabumi menjalankan Salat Idul Adha.

Dikutip dari detikcom, “Saya punya buku dari Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri) buku itu setahu saya dicetak terbatas. Bahkan berita tentang kedatangan Sukarno juga dimuat dalam koran berbahasa Belanda bernama Algemeen Indisch dagblad: de Preangerbode,” paparnya.

“Setelah Salat Idul Adha, Sukarno sempat berkeliling ke sejumlah tempat di Sukabumi. Jadi memang ada kemiripan antara Sukarno dengan kedatangan Pak Jokowi ke Sukabumi,” sambung dia.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: