Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Densus Tipikor Diminta Usut Korupsi di TNI, Ngajak Perang?

Densus Tipikor Diminta Usut Korupsi di TNI, Ngajak Perang?

Sketsanews.com, Jakarta – Anggota Komisi III DPR, Abdul Kadir Karding mendukung wacana pembentukan Densus Tipikor yang diwacanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) guna memberantas korupsi. Dukungan itu diungkapkan ketika rapat kerja (raker) Komisi III dengan Polri, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2017).

Dia meminta Densus Tipikor lebih baik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satunya dengan dengan melakukan pengusutan kasus korupsi di lingkungan TNI.

“Jadi saya berharap agar berani masuk ke lingkungan TNI. Karena KPK enggak berani masuk ke TNI saya lihat,” kata Karding di gedung DPR, Kamis (12/10/2017).

Dia meminta, penindakan hukum perlu ditegakkan kepada siapapun. “Jadi tolong kepolisian berani masuk ke lingkungan TNI karena selama ini enggak tersentuh, apa yang terjadi di sana kita belum tahu, bukan tidak tersentuh, kita belum tahu,” lanjutnya.

Jika tidak dalam penindakan, kata Karding, Densus Tipikor bisa masuk ke lingkungan militer dengan penyuluhan. Dengan mengedepankan proses pencegahan atas tindak pidana korupsi.

“Saya kira harus mulai. Paling tidak pencegahannya dulu,” ujarnya, seperti dikutip dari Kriminalitas.

Sementara Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian menyebut, Densus Tipikor sulit mewujudkan keinginan Karding. Terutama untuk mengusut kasus korupsi di lingkungan TNI.

Menurut dia, TNI memiliki hukum tersendiri. Prajurit TNI terikat kuat dengan aturan militer. mulai dari pidana militer, hukum militer, dan peradilan militer.

“Bahwa rekan TNI diatur dalam aturan militer. Pidana militer, hukum militer, dan peradilan militer. Jadi Polri tidak menangani kasus-kasus di TNI,” pungkasnya. (Wis)

%d blogger menyukai ini: