Sketsa News
Home Berita Terkini, News Di Kotabumi, Bawang dan Cabai Merah Naik Rp10 Ribu per Kg

Di Kotabumi, Bawang dan Cabai Merah Naik Rp10 Ribu per Kg

Sketsanews.com – Harga sejumlah kebutuhan pokok hari ini mengalami kenaikan. Ada juga yang stabil meski yang lain justru turun. Hal itu diketahui dari pantauan radar kotabumi di sejumlah pasar tradisional, Selasa (26/7).

toko-sembako-696x397

Lonjakan tertinggi pada harga bawang merah dan cabai merah yang kenaikkannya hingga Rp10 ribu per kg. Sementara beras naik tipis Rp500 per kg, sedangkan minyak goreng justru turun Rp1.000 per kg.

Pantauan di Pasar Pagi dan Pasar Sentral Kotabumi, beras kualitas terbaik (KW1) merek Paten dijual Rp13 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp12.500 per kg.

Salah satu pedagang beras di Pasar Pagi Kotabumi Hendri Haryanto (51) saat diwawancarai awak media, Selasa (26/7) menerangkan kenaikan memang tidak banyak. Untuk beras KW II merek Koki, Jatiasri, dan Arum misalnya dijual dengan kisaran harga Rp11 ribu per kg dari Rp10.500 per kg.

“Sedangkan beras KW III merek Cantik Manis, Udang, dan Citra Ramos Rp10 ribu per kg. Sedangkan untuk beras asalan dijual dengan harga Rp8.000 hingga Rp8.500 per kg,” lanjut Haryanto.

Hendri yang menjalani usahanya di Toko Sumber Rejeki menambahkan, pascalebaran omzet penjualan sedang-sedang saja. Sementara untuk beras dipasok dari Kota Metro, Way Abung dan Pringsewu. “Semuanya stabil, seperti biasanya saja. Untuk pasokannya Alhamdulillah lancar dari berbagai daerah,” terangnya.

Saeri (43), pedagang sembako lainnya menyatakan, harga bawang merah yang sebelumnya turun Rp35 ribu per kg, kini baik menjadi Rp45 ribu per kg. Sementara cabai merah dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg.

Sedangkan minyak goreng turun Rp1.000 dari sebelumnya Rp12 ribu per kg. Untuk telur ayam masih bertahan diharga Rp22 ribu per kg. “Sebelumnya harga bahan pokok ini mengalami penurunan yang cukup drastis, namun karena permintaan masyarakat meningkat dan pasokan menurun jadi harganya naik,” pungkasnya. (Ro/Radarlampung)

%d blogger menyukai ini: