Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Djan Faridz: Haram Hukumnya Parpol Jadi Anggota KPU

Djan Faridz: Haram Hukumnya Parpol Jadi Anggota KPU

Djan Faridz (Foto: Viva)

Sketsanews.com, Jakarta – Wacana usulan masuknya anggota partai politik di keanggotaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuai respon keras Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar Jakarta, Djan Faridz. Menurut Djan, masuknya anggota parpol dalam penyelenggara Pemilu sarat dengan kepentingan dan rentan kecurangan.

“Kalau saya sebagai PPP, haram hukumnya dia (parpol) masuk (keanggotaan) KPU. Kenapa? Karena nanti akan ada kepentingan. Nanti ada titipan,” ujar Djan seperti dikutip Republika, Minggu (26/3), seperti dikutip dari SuaraMerdeka.

Djan menegaskan, wacana usulan tersebut harus ditolak dan tidak benar-benar diakomodasi dalam bentuk aturan maupun perundangan. Hal ini karena akan menimbulkan persoalan baru bagi terselenggaranya Pemilu yang jujur dan adil.

Sebelumnya, Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Pemilu mewacanakan penambahan keanggotaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari unsur partai politik. Wacana tersebut muncul usai Pansus RUU Pemilu melakukan kunjungan kerja ke Jerman dan Meksiko beberapa waktu lalu.

()Wis

%d blogger menyukai ini: