Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Dorong KPK Proses Hukum Nama Besar di Kasus Korupsi KTP-El

Dorong KPK Proses Hukum Nama Besar di Kasus Korupsi KTP-El

Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)

Sketsanews.com, Jakarta — Pengamat hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hajar mengajak masyarakat untuk terus mengawal kasus korupsi KTP berbasis elektronik (KTP-el) yang kini berjalan di pengadilan. Masyarakat juga diminta untuk mendukung dan mendorong KPK untuk memproses nama-nama politikus besar yang dalam dakwaan disebut menerima aliran korupsi KTP-el.

“Masyarakat harus mengawal KPK dan mendorong KPK untuk memproses nama-nama besar (yang disebut dalam kasus KTP-el) dibawa ke pengadilan,” kata Fickar kepada Republika.co.id, Ahad (12/3).

Kasus yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu, menurut Fickar adalah ujian bagi independensi dan keberanian KPK untuk menyelesaikannya. Maka dari itu, masyarakat perlu mengawal kasus tersebut agar KPK tidak delemahkan atau bahkan dibubarkan karena telah mengungkap kasus tersebut.

“KPK sedang diuji independensi dan keberaniannya. Karena itu, masyarakat harus menjaganya agar tidak dilemahkan, bahkan dibubarkan. Karena KPK adakah hati nurani rakyat,” ucap Fickar.

Dakwaan kasus korupsi KTP el mengungkapkan nama-nama besar di dunia perpolitikan Indonesia ikut mencicipi uang haram tersebut. Nama-nama itu adalah Setya Novanto, Yasonna Laoly, Anas Urbaningrum, M Nazaruddin, Ganjar Pranowo, Chaeruman Harahap, Agun Gunandjar Sudarsa, Taufik Effendi, Teguh Djuwarno dan lain sebagainya.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: