Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News DPR Anggap Logika Pemerintah soal Penentuan Harga Gas Terbalik

DPR Anggap Logika Pemerintah soal Penentuan Harga Gas Terbalik

Mentri ESDM Ignasius Jonan. Foto:Fikri Halim/Viva.co.id

Sketsanews.com, Jakarta  –  Anggota Komisi VII DPR RI angkat bicara terkait keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan soal polemik kenaikan harga jual gas ConocoPhillips Indonesia dari lapangan Grissik.

“Kalau harga yang dinaikkan itu adalah harga gas yang dijual ke luar negeri, tidak masalah karena akan meningkatkan penerimaan negara dan dari sisi pajak. Tapi yang jadi soal itu ketika yang dinaikkan gas untuk dalam negeri,” ujar Anggota Komisi VII DPR Achmad Farial di Jakarta, Kamis (24/8).h

Sarusnya, kata dia di tengah masih rendahnya harga minyak dunia pemanfaatan gas bumi tidak lagi dipandang sebagai komoditi dalam meraup penerimaan negara semata. Melainkan kata dia, paradigma atas pemanfaatan gas bumi harus digeser menjadi komoditi penggerak roda ekonomi khususnya bagi kalangan industri.

Dengan begitu, lanjut dia, para pelaku industri dapat menikmati murahnya harga gas bumi guna meningkatkan produktivitas. Di samping penurunan harga jual gas juga diyakani bakal menekan biaya produksi yang berdampak lurus pada pembentukan harga barang dan jasa.

“Yang jadi masalah sekarang kenapa yang seharusnya harga gas di hulu turun, ini malah dinaikan? Kalau pemerintah mau fair harusnya harga di hilir yang diturunkan.”

(Tri)

%d blogger menyukai ini: