Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News DPR Sentil Kepala BNPT Serapan Anggaran Rendah

DPR Sentil Kepala BNPT Serapan Anggaran Rendah

antarafoto-rdp-bnpt-150916-pus-1

Sketsanews.com – Komisi III DPR menyentil Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris Komjen Suhardi Alius terkait rendahnya serapan anggaran mereka. Hingga September ini, dari total anggaran BNPT yang lebih dari Rp 531 miliar baru terserap 40 persen.

“Bagaimana mereka memiliki tanggung jawab yang besar, dianggarkan anggaran yang kecil pun tidak terserap, hal ini menjadi tanda tanya kami,” kata Anggota Komisi III DPR RI, Didik Mukrianto, dalam rapat dengar pendapat dengan Kepala BNPT dan jajarannya, di DPR, hari ini.

Menurut Didik, rendahnya serapan ini tidak sinkron dengan besarnya tanggung jawab BNPT dalam  penanggulangan terorisme di Indonesia.

“Sesungguhnya ambivalensi apa yang dikatakan BNPT bahwa tugas dan tanggung jawabnya besar, sementara serapan anggaran kecil ini tidak in line atau tidak sinkron,” tutur politikus Demokrat itu, dilansir situs resmi parlemen.

Didik mengakui sebetulnya mendukung usulan penambahan anggaran bagi BNPT. Namun, lanjut dia, rendahnya serapan ini perlu menjadi kajian dalam meluluskan rencana kenaikkan anggaran BNPT itu.

Oleh karena itu, lanjut Didik, Komisi III mendorong BNPT membuat road map yang utuh untuk penguatan kelembagaan, dan renstra penangulangan terorisme dalam bertahun-tahun.

Tujuannya, agar DPR juga bisa merencanakan penguatan anggaran dari tahun ke tahun yang struktur dan berkesinambungan.

Kata Didik, Komisi III menyadari penyerapan anggaran penindakan tidak bisa direncanakan, karena itu sangat kasuistik, dan juga tidak berharap akan banyak teror di Indonesia.

Namun, lanjut dia, tugas BNPT tidak hanya melakukan penindakan, melainkan juga pencegahan, pembinaan, penguatan struktur kelembagaan, penguatan SDM, membuat roadmap.

“Komisi III berharap anggaran yang telah dianggarkan itu dapat dipergunakan secara maksimal dan optimal oleh BNPT, sehingga BNPT dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tandas dia.

(ab/rimanews)

%d blogger menyukai ini: