Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Duh! Hina Kerajaan Thailand, Pria Ini Dipenjara 11 Tahun

Duh! Hina Kerajaan Thailand, Pria Ini Dipenjara 11 Tahun

Sketsanews.com, BANGKOK – Pengadilan Militer Thailand memenjarakan seorang pria selama 11 tahun empat bulan karena menghina kerajaan. Vonis dijatuhkan Jumat 27 Januari atas posting-an Facebook terpidana pada tahun lalu.

Hukum Lese-Majeste di Thailand amatlah ketat. Hukum ini melarang semua orang menghina atau mengancam Kerajaan dan anggota keluarganya dalam bentuk apa pun. Setiap pelanggaran akan berbuah hukuman penjara selama maksimal 15 tahun.
Burin Intin (28), seperti disampaikan pengacaranya, Anon Numpa, mengaku bersalah atas dua tuduhan penghinaan terhadap Kerajaan dan melanggar UU Kejahatan Komputer Thailand. Ia diketahui memposting komentar yang merendahkan Kerajaan melalui Facebook dan ruang ngobrol (chat) online.

Dilansir Asian Correspondent, Sabtu (28/1/2017), Intin ditahan pada 27 April tahun lalu setelah ikut serta dalam aksi damai menentang junta milier Thailand. Ia dibui di Bangkok sejak 30 April.

Menurut Anon, kliennya tidak akan meminta banding tetapi akan meminta pengampunan dari Kerajaan Thailand.

Bulan lalu, Raja Baru Thailand, Maha Vajiralongkorn mengampuni atau mengurangi hukuman sekira 150 ribu tahanan. Mereka termasuk para pelanggar Lese Majeste di Negeri Gajah Putih itu, seperti yang dilansir dari Okezone. (Eni)

%d blogger menyukai ini: