Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Dunia berharap Indonesia Bantu Atasi Tragedi Kemanusiaan Rohingya

Dunia berharap Indonesia Bantu Atasi Tragedi Kemanusiaan Rohingya

Lansia etnis Rohingya kelelahan saat berjalan menuju Bangladesh. ©REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Sketsanews.com, Jakarta  —  Dunia berharap besar pada Pemerintah Indonesia membantu penanganan tragedi kemanusiaan etnis Rohingya, di negara bagian Rakhine, Myanmar. Presiden Joko Widodo pekan lalu telah mengutus Menlu Retno Marsudi bertemu langsung dengan Aung San Suu Kyi dan Pemerintah Bangladesh untuk penanganan tragedi tersebut.

“Harapan dunia juga sangat tinggi pada Indonesia,” kata Mensesneg Pratikno di Jakarta, dilansir dari laman Merdeka Jumat (8/9).

Mensesneg mengatakan, Presiden Jokowi juga telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim membahas isu Rohingya. Presiden juga telah menerima telepon dari Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull yang menyampaikan harapannya pada Pemerintah Indonesia.

“Harapannya pada Indonesia sangat tinggi karena Indonesia bisa dikatakan satu-satunya negara yang punya akses ke Rakhine State di Myanmar,” jelasnya.

“Dunia internasional pun sangat berharap kepada Indonesia membantu penanganan masalah kemanusiaan di Myanmar,” tambahnya.

Mensesneg menyebut peran Indonesia saat ini sangat penting dalam mendorong perbaikan kebijakan Pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya. Namun di sisi lain, Indonesia juga harus tetap menjaga hubungan baik dengan Myanmar agar akses tetap terbuka ke Rakhine.

“Karena khawatirnya kalau akses tidak dibuka itu juga akan merepotkan bagaimana kita bisa memberikan bantuan,” jelasnya.

[As]

%d blogger menyukai ini: