Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Eksistensi Alien Menurut Alquran dan Sains, Benarkah Ada?

Eksistensi Alien Menurut Alquran dan Sains, Benarkah Ada?


(Foto: Geek)

Sketsanews.com, Jakarta  —  para ilmuwan di bidang antariksa saat ini sedang meneliti planet-planet di ruang angkasa untuk mengetahui adanya sumber kehidupan selain Bumi. Salah satu yang ikut serta dalam penelitian tersebut ialah badan antariksa milik Amerika Serikat, NASA.

Tak hanya soal sumber kehidupan seperti air, oksigen, dan elemen lainnya, misi ruang angkasa juga kerap bercampur dengan pembuktian adanya makhluk lain di ruang angkasa. Selama dilakukannya perjalanan ke beberapa planet, telah cukup banyak teori maupun dugaan tentang adanya makhluk yang disebut alien tersebut.

Dalam Alquran sendiri, para pencari kebenaran mengetahui adanya makhluk selain di Bumi berdasarkan surat Ar-Ra’d ayat 15. Ayat ini memiliki pengertian sebagai berikut.

“Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di Bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari (Ar-Ra’d/13:15).

Menurut buku Tafsir Ilmi; Eksistensi Kehidupan di Alam Semesta yang disusun oleh Balai Litbang dan Diklat Kementerian Agama (2015), mengungkap bahwa kata ‘man’ dalam surat tersebut merupakan kata ganti untuk makhluk berakal.

Sedangkan dalam Alquran dan Tafsirnya, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘man’ pada ayat tersebut adalah malaikat, jin, dan manusia. Ketiganya merupakan makhluk yang diwaliki oleh kata ‘man’.​

Hanya saja penggalan ayat yang berarti ‘(dan sujud pula) bayang-bayang mereka,” pada surat Ar-Rad 13:15, mengisyaratkan bahwa makhluk tersebut berwujud bukan seperti jin atau malaikat. Kata ‘man’ pada ayat tersebut mengindikasikan makhluk serupa manusia.

Sementara jika berdasarkan sains, saat ini para astronom masih berupaya untuk menemukan adanya tanda-tanda alien. Mereka meyakini bahwa ada kehidupan makhluk lain di luar bumi yang memiliki kecerdasan. Dikutip dari laman Okezone.

Keyakinan adanya makhluk ruang angkasa diwujudkan dalam proyek besar bernama Search for Extra-terrestrial Intelligence (SETI) yang mencari sinyal radio dari ruang angkasa. Sayangnya meski sudah sekian lama berjalan, proyek tersebut masih belum juga mendapatkan bukti otentik keberadaan alien.

[As]

%d blogger menyukai ini: