Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Fenomena Badai Cempaka dan Dahlia, Harga Ikan Naik 50%

Fenomena Badai Cempaka dan Dahlia, Harga Ikan Naik 50%

Ilustrasi/Foto: Penjualan Ikan Selama Lebaran Ditarget Naik 7%

Sketsanews.com, Malang – Penjualan ikan di sentra penjualan ikan sendang menurun drastis, akibat langkanya ikan hasil tangkapan. Hal ini lantaran adanya cuaca buruk akibat fenomena badai cempaka dan dahlia yang menerjang pesisir pantai selatan Jawa.

Badai tropis cempaka dan dahlia yang menerjang Indonesia dalam dua minggu terakhir, berpengaruh terhadap aktifitas nelayan dan penjualan ikan di Sendang Biru Kabupaten Malang .

Para nelayan di Pantai Sendang Biru sendiri sudah dua minggu mereka tidak melaut, akibat ombak besar dan angin yang kencang, sehingga ikan sulit ditangkap.
Padahal jika cuaca normal, setiap hari nelayan dengan kapal berukuran standart, rata – rata mendapat 60 kilogram ikan laut, dengan harga Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram.
Mulyadi yang menjadi nelayan sejak 1980 mengaku, untuk memenuhi kehidupan sehari – hari , dirinya menjadikan kapal ikan sebagai sarana antar jemput wisatawan, yang akan menyeberang ke Pulau Sempu .
Untuk mendapatkan uang tambahan , Mulyadi dan nelayan lainnya terpaksa memancing ikan di pinggir laut , dengan hasil 2 kilogram ikan setiap kali mancing . Mulyadi hanya dapat pasrah dan menunggu ombak kembali tenang , untuk dapat melaut kembali .
Sementara itu, seperti diberitakan Pojokpitu, Andika yang menjual ikan di Pasar Ikan Sendang Biru sejak 2001 , terpaksa menjual ikan kering , karena harga ikan hasil tangkapan nelayan naik 50 persen , akibat sepinya hasil tangkapan .
Andika yang sebelumnya berpenghasilan sehari, minimal Rp 1 juta dari menjual ikan, mengaku, pendapatannya merosot tajam dan hanya dapat berharap cuaca kembali stabil.
(Ro)
%d blogger menyukai ini: