Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Harga BBM bakal Naik Sepanjang Tahun?

Harga BBM bakal Naik Sepanjang Tahun?

Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Sketsanews.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan harga bahan bakar minyak (BBM) bisa saja akan naik sepanjang tahun ini. Pasalnya, dalam dua bulan pertama tahun ini, harga minyak dunia terpantau naik.

“Untuk saat ini harga BBM masih bisa stabil lah, mungkin akan naik sepanjang tahun ini,” ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Rabu (15/3).

Saat konferensi pers kinerja ekspor-impor Indonesia, Kapala BPS Suhariyanto menyebut nilai ekspor migas turun 5,78% dari US$1,27 miliar pada Januari 2017 menjadi US$1,2 miliar pada Februari 2017. Pun, volume ekspor migas juga turun hingga 14,78%.

“Penurunan nilai dan volume ekspor migas ini karena ada kenaikan harga minyak mentah sebesar 2,07% dari Januari 2017,” kata Suhariyanto.

Kenaikan harga minyak dunia juga berdampak pada impor migas Indonesia selama Februari 2017. Nilai impor migas tercatat naik 32,71% menjadi US$2,43 miliar. Kenaikan nilai impor itu lebih tinggi dari kenaikan volume impor migas yang sebesar 29,5%.

“Karena kenaikan nilai lebih tinggi dari kenaikan volume, maka kami menyimpulkan ini karena adanya kenaikan harga minyak dunia,” imbuh Suhariyanto, seperti dikutip dari MediaIndonesia.

Meski demikian, Suhariyanto enggan berspekulasi kenaikan harga minyak dunia bakal berpengaruh pada tingkat inflasi pada bulan ini. Menurutnya, inflasi belum bisa dipastikan hingga pemerintah menetapkan harga BBM per 1 April mendatang.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: