Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Harga Beras Naik, Pedagang: Sedang Paceklik

Harga Beras Naik, Pedagang: Sedang Paceklik

Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Sketsanews.com, Jakarta – Kurangnya pasokan, menjadi penyebab harga beras di Pasar Induk Cipinang masih mengalami kenaikan. Tingginya harga beras diperkirakan akan terjadi hingga masa panen raya.

Salah satu pedagang beras, Uwi mengatakan, memang biasanya periode awal tahun adalah masa kenaikan harga beras. Hal itu lantaran beberapa bulan sebelum panen raya merupakan masa paceklik.

“Dari mulai Januari itu sudah naik harganya. Memang mau panen raya tapi kan belum, ini lagi masa paceklik,” tuturnya kepada detikFinance di Pasar Induk Cipinang, Minggu (11/2/2018).

Uwi mengaku biasanya stok dagangan di tokonya bisa mencapai 50 ton. Namun pada periode Januari hingga saat ini rata-rata stoknya hanya 20 ton.

Dia memprediksi masa kurangnya pasokan ini terjadi hingga pertengahan Februari sampai dengan Maret 2018. Namun dia pesimis lantaran dikabarkan beberapa tempat mengalami gagal panen.

“Memang tahun lalu itu di Januari 1 atau 2 tempat sudah panen raya. Berhubung banyak yang gagal panen, ini masih kurang. Belum kelihatan sinyal turun harganya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, untuk beras kualitas medium naik dari Rp 9.500 per kg menjadi Rp 11.500 per kg. Sementara untuk beras pandan wangi naik dari Rp 13.000 per kg menjadi Rp 16.00 per kg.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: