Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Olahraga Hasil Pertandingan Belanda vs Swedia: Meski Menang 2-0, De Oranje Tetap Gagal Tampil di Piala Dunia 2018

Hasil Pertandingan Belanda vs Swedia: Meski Menang 2-0, De Oranje Tetap Gagal Tampil di Piala Dunia 2018

Kapten Timnas Belanda, Arjen Robben (Foto: AFP)

Sketsanews.com, Amstrdam – Kemenangan didapat Tim Nasional (Timnas) Belanda kala melakoni laga pamungkas babak penyisihan Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Swedia dengan skor 2-0. Namun, harus disayangkan hasil tersebut masih tak cukup untuk mengantarkan Arjen Robben dan kawan-kawan tampil di Rusia tahun depan.

Belanda memang mengoleksi 19 poin, sama seperti Swedia yang menempati posisi kedua. Kendati demikian, Swedia masih unggul selisih gol atas Belanda. Gagalnya Belanda melaju ke babak utama Piala Dunia 2018 semakin melengkapi penderitaan mereka, usai sebelumnya juga gagal tampil di babak utama Piala Eropa 2016.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Bertekad menang telak atas Swedia, Belanda sudah langsung tancap gas membangun serangan sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Namun begitu, upaya yang dibangun skuad asuhan Dick Advocaat itu masih belum langsung membuahkan hasil lantaran rapinya baris pertahanan Swedia.

Gol yang dinanti baru tercipta pada menit ke-16 melalui kapten Timnas Belanda, Arjen Robben. Sebelumnya, bek Swedia, Victor Lindelof, melakukan pelanggaran lantaran menendang bola ke arah lengannya sendiri.

Wasit pun dengan tegas segera mengambil keputusan dan memberikan hadiah penalti untuk Belanda. Robben yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan teresebut lantaran sepakannya sukses mengecoh penjaga gawang Swedia, Olsen. Belanda kini unggul dengan skor 1-0.

Memasuki menit ke-26, Belanda mendapat kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan. Pasalnya, bola sepakan Robben yang diblok pemain Swedia, jatuh tepat di kaki Wijnaldum. Kendati begitu, sayang Wijnaldum ragu-ragu untuk menendang, sehingga si kulit bundar dapat segera diamankan oleh Augustinsson.

Belanda baru mampu menggandakan keunggulannya di menit ke-40. Robben lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Ryan Babel dari sisi kiri lapangan, Robben yang berada di tengah dan tanpa penjagaan ketat, dengan sigap langsung menembakkan bola dari luar kotak penalti ke dalam gawang yang tak dapat dijangkau oleh Olsen. Belanda pun mengungguli Swedia dengan skor 2-0.

Unggul dua gol, skuad De Oranje pun semakin bersemangat dalam membangun serangan demi tercapainya target menang 7-0. Kendati begitu, hingga babak pertama selesai, tak ada lagi gol yang tercipta. Untuk sementara Belanda harus puas unggul 2-0 atas Swedia.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, para pemain Belanda langsung mencari ruang guna membongkar pertahanan Swedia. Namun begitu, rapinya pertahanan tim tamu membuat Robben dan kawan-kawan belum bisa menambah keunggulannya.

Di sisi lain, Swedia mencoba memperlambat tempo permainan. Para pemain Swedia jelas tak ingin meladeni permainan Belanda yang begitu agresif. Berbeda dengan Belanda yang ngotot ingin menambah gol, Swedia hanya mencoba memanfaatkan serangan balik.

Pada menit ke-61, Belanda mencoba melakukan tekanan. Kali ini melalui Wijnaldum yang memberikan umpan lambung kepada Babel. Kendati begitu, bola yang melintas di wilayah pertahanan Swedia dengan sigap diamankan oleh Olsen, sehingga tuan rumah tak jadi menambah keunggulan.

Tak mampu menciptakan banyak peluang nampaknya membuat Belanda frustrasi. Keganasan yang ditunjukkan skuad De Oranje pada babak pertama pun seolah lenyap seketika. Di sisi lain, apresiasi patut diberikan kepada para pemain Swedia yang bermain disiplin.

Di menit ke-84, Belanda mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Robben yang menjadi eksekutor lekas mengirimkan bola ke jantung pertahanan Swedia. Namun demikian, bola sepakannya tersebut masih dapat dihalau oleh barisan pertahanan Swedia ke luar lapangan.

Begitu juga yang terjadi pada menit ke-84, di mana Robben mencoba melakukan tembakan kaki kiri dari sudut sempit. Kendati begitu, harus disayangkan sepakannya masih lemah, sehingga Olsen dapat dengan mudah mengamankannya.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan tetap tidak berubah. Belanda menang dengan skor 2-0 atas Swedia. Namun, hasil tersebut tak cukup mengantarkan skuad asuhan Dick Advocaat itu untuk melaju ke babak playoff Piala Dunia 2018. Belanda pun harus rela tak bisa tampil dalam Piala Dunia 2018 di Rusia.

Susunan Pemain:

Belanda: Cilessen, Blind, Rekik, Ake, Van Dijk, Tete (Janmaat 71’), Robben, Wijnaldum (Klaassen 71’), Vilhena, Babel, Janssen (Dost 46’)

Pelatih: Dick Advocaat

Swedia: Olsen, Granqvist, Lustig, Lindelof, Augustinsson, Johansson, Larsson (Olsson 82’), Claesson (Svensson 68’), Berg, Toivonen (Thelin 76’), Forsberg

Pelatih: Janne Andersson

[As/Okezone]

%d blogger menyukai ini: