Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Olahraga Hasil Timnas Indonesia U-19 vs Brunei U-19: Menang 8-0, Garuda Nusantara Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18 2017

Hasil Timnas Indonesia U-19 vs Brunei U-19: Menang 8-0, Garuda Nusantara Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18 2017

foto Istimewa

Sketsanews.com, Yangon  — Timnas Indonesia memetik kemenangan dengan skor telak 8-0 kala bersua Brunei Darussalam dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF U-18 2017. Hasil tersebut sesuai dengan apa yang ditargetkan untuk dapat lolos otomatis ke semifinal tanpa harus bergantung pada hasil pertandingan Myanmar kontra Vietnam.

Koleksi 9 angka plus selisih gol yang mencapai +15, membuat Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– tak mungkin lagi terlempar dari posisi dua besar. Namun, belum diketahui apakah Indonesia akan finis di posisi satu atau dua Grup B Piala AFF U-18 2017.

Sebab, masih harus menunggu hasil pertandingan mempertemukan Myanmar vs Vietnam yang berlangsung mulai pukul 18.30 WIB. Lawan Indonesia U-19 di semifinal, di antara Malaysia U-19 atau Thailand U-19.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Baru 43 detik pertandingan berlangsung, Indonesia langsung mencetak gol. Angka pertama bagi Indonesia diciptakan Rafli Mursalim usai menerima umpan lambung dari lini tengah. Skor sementara Indonesia unggul 1-0 atas Brunei Darussalam.

Usai gol pertama terjadi, Indonesia terus memberikan tekanan demi menggandakan kedudukan. Namun begitu, upaya Tim Merah Putih masih belum membuahkan hasil. Termasuk juga dengan tendangan jarak jauh Lutfi di menit ke-11 yang masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Indonesia menambah keunggulan di menit ke 18. Berawal dari umpan yang dilepaskan Rafli, Egy yang menerima umpan langsung melepaskan bola ke mulut gawang. Bek Brunei yang panik pun salah mengantisipasi datangnya bola dan malah mendorong bola ke dalam gawang. Skor kini 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Lima menit berselang, Indonesia kembali menambah keunggulannya. Kali ini gol diciptakan Egy usai menerima umpan cantik dari Feby. Indonesia pun semakin bersemangat membangun serangan usai unggul 3-0.

Di menit 29 Indonesia kembali mendapatkan peluang emas untuk menambah keunggulan. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Egy menuju sisi kiri kertahanan Brunei, ia langsung mengirimkan umpan tarik kepada Witan. Namun begitu, harus disayangkan backheel yang dilakukan Witan masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Semangat juang terus ditunjukkan skuad Garuda Nusantara. Berkali-kali peluang didapatkan Indonesia meski belum mampu membuahkan gol keempat. Pada menit ke-37 Indonesia sebenarnya berpotensi menambah satu gol, tapi sayang Rafli masih terburu-buru dalam melepaskan tendangan, sehingga mudah saja diamankan penjaga gawang Brunei.

Indonesia mencetak gol keempatnya di menit ke-41. Kali ini giliran Witan yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelah berkali-kali peluang dari jarak dekat digagalkan, Witan mencoba tembakan dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur kaki pemain Brunei, tapi Bola justru mengarah ke dalam gawang dan sulit dijangka penjaga gawang Brunei. Skor kini 4-0 untuk keunggulan Indonesia.

Di menit 43 Indonesia kembali menambah keunggulannya. Kali ini umpan silang yang dilepaskan Dedi dari sisi kanan lapangan, berhasil ditanduk Rafli yang berdiri bebas tanpa penjagaan. Bola pun meluncur deras ke dalam gawang Brunei. Indonesia unggul 5-0.

Belum puas sampai di situ, memasuki injury time babak pertama, Indonesia kembali mencetak gol. Adapun Rafli yang mencatatkan hattrick dalam pertandingan kali ini. Menerima umpan terobosan, Rafli lekas membawa bola dan menggocek satu pemain sebelum melesakkan bola ke gawang Brunei. Papan skor pun berubah menjadi 6-0. Hasil tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua:

Babak kedua dimulai dengan serangan Indonesia ke lini pertahanan Brunei. Namun, harus disayangkan backheel yang dilakukan Rafli di menit 46 masih belum mampu membobol gawang Brunei di babak kedua. Begitu pun dengan sepakannya di menit 51, di mana bola tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-56 Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menambah skor melalui Saddil Ramdani yang masuk menggantikan Feby Eka Putra. Namun begitu, sepakan jarak jauhnya dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Brunei.

Pantang menyerah, Indonesia terus menggempur lini pertahanan Brunei demi bisa mewujudkan target mencetak delapan gol. Memasuki menit 64, Indonesia sebenarnya mendapat peluang emas untuk mencetak gol ketujuh. Berawal dari Egy yang memberikan umpan tarik kepada Rafli, tapi sayang sang striker tak bisa menjalankan tugas dengan baik lantaran kehilangan keseimbangan.

Indonesia akhirnya memecah kebuntuan di babak kedua. Adalah Witan yang menjadi pencetak gol usai menyundul umpan yang didapatnya dari sepak pojok pada menit 67. Bola mengarah ke sudut jauh tanpa bisa dijangkau penjaga gawang Brunei. Skor kini 7-0 untuk Indonesia.

Satu menit berselang, Indonesia pun mencetak gol kedelapannya. Kali ini giliran Saghara yang mencatatkan namanya di papan skor usai menggantikan Rafli yang cedera. Umpan tarik yang disodorkan Egy ke depan mulut gawang langsung dituntaskan dengan baik oleh Sagaar ke dalam gawang Brunei. Skor pun kembali berubah, kali ini 8-0 untuk keunggulan Indonesia.

Meski target Indonesia untuk menang 8-0 sudah terwujud, tapi skuad Garuda Nusantara masih enggan menurunkan tempo permainan. Berkali-kali Indonesia mendapatkan peluang untuk mencetak gol, tapi lini pertahanan Brunei dan penjaga gawang mereka masih sigap mengantisipasi.

Memasuki menit 84, Saghara mendapatkan kesempatan mencetak gol keduanya di laga ini. Namun begitu, penjaga gawang Brunei masih sigap menahan tembakannya. Satu menit berselang giliran Egy yang melepaskan tembakan, kali ini dari jarak jauh, namun bola sepakannya masih belum tepat sasaran.

Dikutip dari laman Okezone, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia pun menang atas Brunei dengan skor 8-0. Hasil tersebut secara otomatis membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017, terlepas dari hasil pertandingan Myanmar vs Vietnam.

Susunan Pemain:

Indonesia: Aqil Savik; Samuel Christianson, Kadek Raditya, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana; M Lutfi Kamal (Syahrin Abimanyu 60’); Feby Eka Putra (Saddil Ramdani 46’), Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri; Rafli Mursalim (Saghara 66’)

[As]

%d blogger menyukai ini: