Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Olahraga Indonesia Catat Rekor Terburuk di SEA Games, Ada Apa?

Indonesia Catat Rekor Terburuk di SEA Games, Ada Apa?

Pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2017, Malaysia.

Sketsanews.com, Jakarta – SEA Games 2017 Malaysia telah berakhir. Namun, hajatan olah raga terbesar se-Asia Tenggara itu, lagi-lagi, membawa kenangan pahit bagi kontingen Indonesia.

Juara umum diraih oleh tuan rumah Malaysia. Mereka berhasil 323 medali yang terdiri dari 145 emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Namun, Indonesia hanya mampu finis di posisi ke-5 dengan total 191 medali, yakni 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

Raihan ini tentu saja mengecewakan. Sebab, hasil ini di bawah target yang ditetapkan yakni 55 medali emas.Lebih miris lagi, ini merupakan catatan terburuk Indonesia sejak SEA Games bergulir pada 1977. Ini lebih parah dari raihan pada 2009 lalu di Vientiane, Laos. Saat itu, Tim Merah Putih hanya mampu meraih 43 emas, 53 perak, dan 74 perunggu.

Sementara itu, raihan terbaik Indonesia di SEA Games, adalah saat menjadi tuan rumah pada 1997. Saat itu, Indonesia meraup 194 emas, 101 perak, dan 115 perunggu.

Catatan Indonesia di SEA Games ini sangat tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Tanah Air. Dengan 261 juta penduduk Indonesia, hanya mampu meraih 38 emas. Singapura yang hanya berpenduduk 5,6 juta jiwa, malah sukses finis di posisi 4 dengan 57 medali emas.

Jika dibandingkan dengan tuan rumah Malaysia yang menjadi juara umum, Indonesia juga sebenarnya punya sumber daya manusia lebih banyak. Negeri Jiran dengan penduduk 32 juta jiwa sukses meraih 145 emas.

Dari berbagai cabang olahraga yang dikirimkan ke Malaysia, hanya 7 cabang yang memenuhi target. Cabang-cabang tersebut adalah renang, panahan, angkat besi, wushu, menembak, judo, dan sepeda BMX.

Renang sukses meraup 4 emas sesuai target yang ditetapkan. Demikian halnya dengan panahan yang sanggup menyumbangkan 4 medali emas. Sedangkan angkat besi memenuhi target 2 medali emas.

Beberapa cabang lainnya tak sanggup memenuhi harapan. Atletik, pencak silat, ski air, karate, bulutangkis, taekwondo, tenis, sepakbola, boling, dan senam gagal memenuhi target yang ditetapkan.

“Saya mengapresiasi kerja dari Saudara Aziz Syamsudin sebagai chef de mission yang bekerja keras terus memompa semangat kontingen selama di SEA Games 2017, Kuala Lumpur. Meskipun target meleset sekitar 20 persen, saya menilai ada beberapa hal positif seperti cabor renang dan panahan yang mampu meraih empat medali emas,” ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: