Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Ini Daerah Paling Banyak Pungli dan Operasi Tangkap Tangan

Ini Daerah Paling Banyak Pungli dan Operasi Tangkap Tangan

Satgas Saber Pungli luncurkan Saberman (Foto: Fakhrizal Fakhri)

Sketsanews.com, Jakarta – Kepala Pelaksana Satgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatna mengatakan, pelayanan publik di bidang perizinan menjadi sektor paling rentan perilaku pungutan liar di Indonesia. Perilaku suap menjadi tindak pidana paling kerap terjadi dalam pengurusan izin itu.

“Bisa aja SIM, STNK, bikin paspor, KIR, jembatan timbang, kan banyak. Kepegawaian juga gitu bidang pendidikan juga banyak,” kata Dwi saat melakukan sosialisasi Saber Pungli di acara Car Free Day (CFD) di Pintu Satu Senayan, Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Satgas Saber Pungli telah melakukan sejumlah operasi tangkap tangan (OTT) sejak dibentuk lewat Perpres Nomor 87 Tahun 2016 pada 20 Oktober 2016‎. Adapun uang negara yang berhasil disita oleh Satgas Saber Pungli sekira Rp319 miliar.

“‎Yang paling besar OTT itu di Kaltim, berkaitan dengan pelayanan tenaga kerja bongkar muat. OTT-nya mungkin Rp6 juta tapi kita kembangkan di situ akhirnya kita sita Rp6 miliar dan dikembangkan lagi di TPPU. Berkasnya sudah diterima di Kejati Kaltim ditangani oleh Satgas Saber Pungi Pusat. Dititikberatkan oleh Bareskrim Polri,” ujarnya, seperti dikutip dari Okezone.

Irwasum Polri menambahkan, Provinsi Sumatera Utara dan Jawa Barat menjadi lokasi yang paling banyak terjadinya kasus pungli, dengan perincian pelayanan publik sebesar 36% disusul penegakan hukum 20% dan sektor pendidikan 18%.

“‎Kita harap zero pungli. IPK kita juga udah meningkat lumayan, walau enggak signifikan naik sekira 3,7 persen. Tapi dianggap ada satu percepatan. Hasil penelitian, kepercayaan masyarakat ke pemerintah naik jadi 80 persen,” pungkasnya. (eLv)

%d blogger menyukai ini: