Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ini Dia Cara Menghindari ATM Anda Digandakan Penjahat!

Ini Dia Cara Menghindari ATM Anda Digandakan Penjahat!

Sketsanews.com – Subdit Resmob Polda Metro Jaya kembali mengungkap kasus skimming atau pengganda kartu ATM. Polisi menduga dua bandit pengganda ATM yang ditangkap di Jawa Timur merupakan sindikat jaringan luar negeri.

atm

Dengan kartu ATM duplikat, komplotan ini menguras uang sebesar Rp 300 juta milik nasabah Bank BCA di Jakarta Timur. Dengan metode skimming, pelaku dengan mudah menguras isi rekening korban tanpa melakukan transaksi. Apa itu skimming?

Skimming adalah pencurian informasi pemilik rekening, seperti nomor PIN dan akun nasabah melalui mesin ATM. Modus kejahatan dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu ATM biasanya dilakukan komplotan hacker.

Dengan perangkat elektronik kecil (skimmer), pelaku dengan mudah mendapatkan data nomor kartu ATM korban. Komplotan ini biasannya meletakan skimmer di tempat memasukkan kartu ATM, kemudian membaca garis magnetik dan nomor akun. Selain itu biasanya juga terdapat kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN.

Agar terhindar dari kejahatan teknologi seperti ini,Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat menggunakan kartu ATM maupun kartu kredit. Salah satunya diantaranya berhati-hati ketika menekan nomor PIN di mesin ATM.

“Sebaiknya nasabah mempergunakan sendiri kartu ATM dan tidak memberikan atau mempercayakan pada orang lain,” kata AKBP Budi Hermanto.

Selain itu, nasabah diminta memperhatikan lokasi dan mesin ATM. Hindari menggunakan ATM di daerah redup dan malam hari. Hindari ATM di toko-toko ritel atau restoran karena di lokasi itu komplotan penguras uang nasabah meletakkan skimmer.

“Terakhir, pemilik rekening dihimbau memerika saldo rekening secara teratur. Karena semua ATM rentan dengan modus kejahatan seperti ini,” pungkas Budi.

(ip)

%d blogger menyukai ini: