Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Jenderal Gatot Nurmantyo: Kita Akan Buat Film Tentang TNI, Judulnya Malahayati

Jenderal Gatot Nurmantyo: Kita Akan Buat Film Tentang TNI, Judulnya Malahayati

Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Foto: Antara)

Sketsanews.com, Jakarta  —  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghadiri Malam Award FFN (Festival Film Nusantara) dalam rangka HUT ke-72 TNI tahun 2017 di Gedung Teater Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 73 Jakarta Pusat, Senin 10 Oktober 2017.

Dalam acara tersebut, Gatot juga mengungkapkan bahwa TNI akan membuat film berjudul Malahayati.

Untuk diketahui, Malahayati atau Keumalahayati merupakan perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh. Dalam sejarahnya, ia pernah memimpin 2.000 pasukan Inong Bale berperang melawan kapal dan benteng Belanda pada abad ke-16 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman. Atas keberaniannya, ia mendapat gelar laksamana.

“Kami akan membuat film tentang TNI, yang berjudul Malahayati,” ujar Gatot kepada wartawan, dilaporkan Okezone Selasa (11/10/2017).

Ia menjelaskan, pembuatan film Malahayati ini, memerlukan waktu karena TNI harus studi banding sampai ke negara Turki. Karena Malahayati ini semakin digali semakin hebat.

“Ternyata, 1.500 tahun yang lalu di Aceh sudah ada Akademi Angkatan Laut dan Malahayati adalah lulusan Akademi Angkatan Laut tersebut. Malahayati merupakan intelijen kerjaan dan dia pernah menusuk rencongnya kepada Laksamana musuh,” tuturnya.

Ia berharap, film Malahayati ini bukan hanya untuk nasional saja tapi untuk internasional dan bisa menunjukkan kepada dunia kalau TNI atau Indonesia mempunyai film Laksamana Malahayati.

“Kami sedang bekerjasama dengan beberapa pihak dalam proses pembuatan film ini dan kita lihat kalau bisa dengan internasional,” pungkasnya.

[As]

TAGS:

Sketsanewscom

SEDIKIT BANYAK TAU

%d blogger menyukai ini: