Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Pendidikan Juara KSN 2017 Diraih Juan, Siswa MIN Jetis Sukoharjo

Juara KSN 2017 Diraih Juan, Siswa MIN Jetis Sukoharjo

Juan Tegar Augusta (jaket kuning) saat pegang piala juara I KSN 2017. (istimewa)

Sketsanews.com, Sukoharjo – Juan Tegar Augusta siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jetis, Sukoharjo berhasil menjadi juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSN) Tingkat Nasional 2017. Juan mengalahkan lawannya berkat praktek penelitian berupa model kapal selam.

Kepala MIN Jetis Sukoharjo Danuri, Minggu (20/8/2017) mengatakan, KSN digelar pada 7 – 12 Agustus di Yogyakarta. Keberhasilan Juan menjadi juara sangat melegakan MIN Jetis, Sukoharjo. Sebab sebelum tampil dalam kompetisi tingkat nasional, Juan harus susah payah mengikuti babak seleksi dalam kondisi sakit dan menjalani operasi di rumah sakit.

Seleksi digelar pada April lalu dimana saat itu Juan sedang sakit usus buntu dan harus dirawat di rumah sakit di Kota Solo. Kondisi Juan sangat lemah karena harus menjalani operasi untuk menyembuhkan penyakitnya.

Pada kondisi tersebut panitia seleksi masih memberi kesempatan kepada Juan untuk mengikuti seleksi dengan mengerjakan soal di rumah sakit. Danuri mengatakan, saat seleksi MIN Jetis Sukoharjo tidak memberikan beban target kepada Juan mengingat kondisinya sedang sakit.

“Situasi saat itu menegangkan dan Juan diluar dugaan kami semua pihak sekolah ternyata lolos dengan nilai tertinggi dan berhak tampil dalam KSN nasional,” ujar Danuri.

Setelah memastikan diri tampil dalam KSN nasional MIN Jetis Sukoharjo tetap tidak pasang target. Sebab Juan selain baru sembuh dari sakit usus buntu juga memiliki riwayat sakit sesak nafas.

“Juan tidak tahan dingin dari AC dan kami minta lepas saja tanpa target biar berjuang sekuat tenaga. Hasilnya ternyata juara, itu membanggakan sekolah dan tentu saja Kabupaten Sukoharjo,” lanjutnya.

Juan Tegar Augusta mengatakan, memang sangat suka pada pelajaran matematika dan IPA. Lomba kedua mata pelajaran tersebut sering diikuti baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“KSN ini kompetisi seperti olimpiade. Mengerjakan naskah soal dan praktek,” ujar Juan.

Kompetisi diawali Juan dengan mengerjakan naskah soal yang diberikan panitia. Juan mengaku harus bekerja keras demi mendapatkan nilai terbaik untuk mengalahkan peserta lain.

Saat mengerjakan naskah soal tersebut nilai yang didapat Juan tinggi. Juan yang juga menjadi wakil Kabupaten Sukoharjo dan Provinsi Jawa Tengah dalam KSN 2017 kemudian mengikuti babak berikunya dengan praktek.

Panitia KSN 2017 meminta kepada Juan mempraktekan model kapal selam dengan peralatan yang telah disediakan. “Praktek itu untuk membuktikan hipotesis kapal selam mengambang dan melayang disebabkan masa jenis dan saya berhasil sampai jadi juara,” lanjutnya, sebagaimana dikutip dari laman Krjogja.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: