Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Olahraga Kalah 0-3 dari Vietnam, Keperkasaan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017 Terhenti

Kalah 0-3 dari Vietnam, Keperkasaan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017 Terhenti

Foto Istimewa

Sketsanews.com, Yangon  —  Keperkasaan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017 harus terhenti. Pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2017, Indonesia menyerah dari Vietnam pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Myanmar, Senin (11/9/2017). Skuad Garuda Nusantara kalah dengan skor 0-3.

Dua gol yang dibuat Vietnam terjadi pada menit 41 dan 45 melalui satu orang pemain yakni Le Van Nam. Pergantian kiper Indonesia yang terjadi jelang akhir babak pertama, sangat berpengaruh bagi tim besutan Indra Sjafri itu. Sementara gol ketiga Vietnam dicetak Bui Hoang pada menit 86.

Kekalahan ini membuat Indonesia masih bertahan di peringkat dua klasemen sementara Grup B. Meski begitu, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan masih berpeluang lolos jika bisa meraih kemenangan atas Brunei di laga selanjutnya, Rabu 13 September 2017.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga awal dimulai, Vietnam berinisiatif untuk melakukan serangan. Sementara Indonesia sesekali mencari celah untuk bisa mendobrak pertahanan lawan. Termasuk peluang Hanis Saghara pada menit ke-6 yang berdiri bebas mendapat umpan dari tengah. Namun, kiper Vietnam langsung sigap menangkap bola.

Namun, 10 menit pertama, skuad Garuda Nusantara mampu menguasai jalannya pertandingan. Bahkan pada menit 15, skuad Indonesia terus menggempur pertahanan Vietnam. Namun, peluang yang selalu didapat dari sayap kanan, selalu dapat diblok oleh pemain bertahan Vietnam.

Indonesia yang lebih menguasai kotak penalti lawan, kembali mendapat peluang pada menit 22. Kali ini Sadil Ramdani yang bergerak pada sisi kiri memberikan umpan ke kotak penalti lawan. Sayang bolanya masih mampu di blok.

Memasuki menit 30, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan masih terus menggempur pertahanan Vietnam. M. Lutfi Kamal mampu mencetak peluang melalui tendangan jarak jauh, hanya saja tendangan tersebut masih melenceng dari gawang.

Tetapi pada menit 35, Vietnam mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Beruntung kiper Garuda Nusantara, Riyandi mampu menepis tendangan keras pemain Vietnam. Aksi tersebut penyelamtan terakhir, Riyandi karena ia mengalami cedera dan digantikan M. Agil Savik.

Kehilangan satu pemain itu ternyata dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kubu Vietnam. 5 menit jelang pertandingan berakhir, Indonesia langsung kebobolan dua gol. Dua gol tersebut dicetak Le Van Nam masing-masing pada menit 41 dan 45.

Gol pertama lahir melalui bola sekelumit di depan gawang Indonesia yang berhasil dimanfaatkan dengan baik Nam. Tendangan volinya pun tak mampu dicegah Aqil Savik yang menjadi pemain pengganti.

Sementara gol kedua, didapat Nam yang berhasil menanduk bola ke arah tiang jauh gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 2-0. Hingga peluit babak pertama dibunyikan skor tak berubah.

Babak Kedua

Laga babak kedua dimulai, tempo permainan langsung tinggi. Skuad Garuda Nusantara memulai intuk melakuakan serangan yang dimotori Egy di sisi kanan. Peluang pun didapat pada menit 49, lewat aksi Luthfi. Namun, tembakan jarak jauhnya harus melebar ke sisi gawang Vietnam.

Pada menit 61, Indonesia kembali mendapat peluang melalui Witan Sulaiman. Namun sayang, Witan yang mengirim umpan mampu diblok pemain bertahan Vietnam. Namun, serangan terus dilancarkan Indonesia.

Hanya saja, pertahanan lawan pun juga semakin kuat. Sadil dan kawan-kawan pun tampaknya tak memiliki celah dan tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Vietnam. Apalagi sang lawan menerapkan pola bertahan untuk menjaga keunggulannya.

Memasuki menit 70, Indonesia masih terus menjaga tempo permainan menyerang. Pelanggaran demi pelanggaran pun sering terjadi yang salah satunya sempat membuat Egy naik emosi karena mendapat sikutan dari pemain Vietnam.

Indonesia pun mendapat peluang emas melalui Witan. Sayang, tembakannya masih lemah dan dengan mudah ditangkap kiper Vietnam, padahal ia mendapat ruang kosong. Witan pun kembali mendapat peluang. Namun, tandukan yang memanfaatkan umpan Samuel Christianson Simanjuntak hanya mengarah ke pelukan sang kiper.

Menjelang babak akhir pertandingan, Vietnam malah kembali menjebol gawang Indonesia. Gol ketiga tersebut lahir pada menit 86. Memanfaatkan umpan pojok Bui Hoang mampu melesakkan sundulan yang mengarah ke pojok gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 3-0. Keunggulan tersebut tak berubah hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Vietnam menang 3-0.

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Vietnam:

Indonesia XI: M Riyandi (GK), Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Harris, Firza Andika; M Lutfi Kamal; Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani; Egy Maulana, M Iqbal; Hanis Saghara.

[As/Okezone]

%d blogger menyukai ini: