Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Kapolri Tito Karnavian Lantik 5 Kapolda Baru

Kapolri Tito Karnavian Lantik 5 Kapolda Baru

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Inspektur Jenderal Idham Azis sebagai Kapolda Metro Jaya di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu, 26 Juli 2017. Tempo/Egi Adyatama.

Sketsanews.com, Jakarta – Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian melantik lima kepala kepolisian daerah yang baru. Serah terima jabatan dan pelantikan itu dilaksanakan hari ini, 5 September 2017.

Lima Polda yang dikepalai kepala yang baru adalah Polda Jawa Barat, Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Barat, dan Lampung. Kepada para pejabat Kapolda yang baru, Tito berpesan agar mereka taat pada peraturan dan prosedur.

Dikutip dari Tempo, “Jika melanggar sumpah ini, ya, pasti akan ada konsekuensinya nanti di dunia dan akhirat,” kata Tito saat pelantikan di Ruang Rupatama Mabes Polri.

Dalam mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2032/VIII/2017 tertanggal 25 Agustus 2017 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, Polda Jawa Barat yang sebelumnya dipimpin Inspektur Jenderal Anton Charliyan akan dipimpin oleh Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto. Anton Charliyan kini menjabat Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Posisi Kapolda Sumatera Selatan yang sebelumnya dipimpin Agung Budi Maryoto akan digantikan Inspektur Jenderal Zulkarnaen. Brigadir Jenderal Nandang akan menggantikan posisi Zulkarnaen sebagai Kepala Polda Riau.

Sementara itu, Kepala Polda Sulawesi Barat akan beralih kepada Brigadir Jenderal Baharudin Djafar yang sebelumnya dipimpin Nandang. Baharudin Djafar sebelumnya menjabat Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri.

Selain itu, Tito memutasi Inspektur Jenderal Sudjarno yang sebelumnya menjabat Kepala Polda Lampung menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Badan Pemelihara Keamanan Mabes Polri. Posisi Kepala Polda Lampung diisi Inspektur Jenderal Suroso Hadi Siswoyo yang sebelumnya menjabat Perwira Tinggi Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: