Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Kata Presiden PKS, Sikap Jokowi Soal Rohingya Harus Nyata

Kata Presiden PKS, Sikap Jokowi Soal Rohingya Harus Nyata

Sohibul Iman/Net

Sketsanews.com, Jakarta – Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak Presiden Joko Widodo untuk bertindak lebih nyata dalam menghentikan kekerasan terhadap Muslim rohingya yang dilakukan pemerintah Myanmar. Terlebih kekerasan tersebut menjurus kepada pembersihan etnis.

Presiden PKS Sohibul Iman menilai tindakan nyata yang harus dilakukan Presiden Joko Widodo melalui jalur bilateral dan multilateral seperti melalui organisasi ASEAN, Organisasi Konferensi Islam (OKI), maupun PBB. Agenda utamanya tetap, menyelamatkan warga sipil yang tidak bersenjata dan memulihkan kewarganegaraan Muslim rohingya sebagai bagian integral dari negara Myanmar.

“Presiden Joko Widodo, sebagai kepala negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan negara ASEAN terbesar harus bertindak lebih nyata dalam upaya menghentikan pembersihan Muslim rohingya,” ujar Sohibul saat konfrensi pers di gedung DPP PKS, Jakarta Selaan, Minggu (3/9).

Sohibul menegaskan bahwa pihaknya mengutuk tindakan kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Rakhine oleh militer Myanmar. Menurutnya, sikap tegas PKS itu sebagai wujud kewajiban konstitusional bagi seluruh bangsa Indonesia untuk turut serta mewujudkan perdamaian dunia.

Pimpinan PKS, lanjutnya, juga telah menginstruksikan kepada Fraksi PKS di DPR untuk dapat memperkuat kerjasama dengan seluruh fraksi yang ada dalam rangka memperkuat langkah-langkah Indonesia dalam upaya melindungi dan mencegah Muslim Rohingya dari bahaya pembersihan suku dan genosida.

Dikutip dari Rmol, “Untuk memastikan langkah-langkah tersebut dapat berjalan secara efektif dan berkesinambukan, DPP PKS telah membentuk crisis center khusus untuk masalah Rohingya,” pungkasnya.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: