Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Kemendes Terapkan 4 Program Unggulan untuk Cegah Tengkulak Nakal

Kemendes Terapkan 4 Program Unggulan untuk Cegah Tengkulak Nakal

ilustrasi kegiatan Kemendes. foto:Wartaekonomi.com

Sketsanews.com, Yogyakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggalakkan empat program unggulan yang didesain untuk membuat desa menjadi mandiri.

“Sekarang ini masih ada model-model tengkulak. Kami sekarang mendorong para petani untuk menjalankan empat program unggulan yang tujuannya membuat desa menjadi mandiri,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo saat menghadiri acara 1 tahun “Inaker Fun Bike” di Lapangan Gendengan, Margodadi, Seyegan, Sleman, Minggu (16/7/2017).

Empat program yang akan digalakkan di antaranya Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades). Melalui program itu masyarakat desa diminta menentukan produk unggulannya dan fokus mengembangkannya. Dengan fokus pada produk unggulan, menurut dia, diharapkan terdapat peningkatan skala produksi yang tinggi sehingga dunia usaha akan masuk desa dan petani tidak lagi kesulitan memikirkan tentang proses pascapanen.

“Masyarakat tidak perlu pusing lagi memikirkan tentang proses pascapanen. Karena sarana pascapanen merupakan hal penting dalam sektor pertanian. Pasar akan melirik hal tersebut lantaran sarana pascapanen akan meningkatkan nilai tambah produk pertanian baik dari segi jumlah maupun kualitas,” kata Eko, seperti dilansir dari laman Wartaekonomi.

Dengan cara itu, menurut Eko, peluang munculnya para tengkulak yang menjual hasil panen dan menekan para petani di beberapa perdesaan juga semakin kecil.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: