Sketsa News
Home Berita Terkini, Hankam, News Kepala Polda Sumatera Utara: Pers dan Polisi Saling Memerlukan

Kepala Polda Sumatera Utara: Pers dan Polisi Saling Memerlukan

Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw. (Evarukdijati)

Sketsanews.com, Medan – Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, mengatakan, polisi dan pers memiliki hubungan saling memerlukan dalam mendukung kesuksesan tugas masing-masing.

Usai olahraga bersama di Markas Polda Sumatera Utara, di Medan, Jumat, Waterpauw mengatakan, pers memerlukan polisi sebagai sumber informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Sebaliknya, polisi juga memerlukan pers agar berbagai program dan keberhasilan selama ini dapat diketahui masyarakat dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mendukung terjaga kamtibmas yang kondusif.

“Kalau pers bersatu dengan kepolisian, tentu negara ini aman,” katanya.

Mantan kepala Polda Papua itu mengakui, selain menjadi saluran informasi, pers juga sering dijadikan sebagai sumber informasi mengenai perkembangan situasi atau indikasi terhadap kondisi tertentu.

Ketika menjadi kepala Polsek Metro Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat, saat reformasi, Waterpauw mengaku sering mendapatkan informasi dari wartawan guna mengetahui perkembangan situasi.

Pada masa-masa itu, banyak sekali demonstrasi terjadi, di antaranya di kawasan Jalan Cendana, kawasan Menteng. Dia sering berbaur dan bertukar cerita dengan wartawan sehingga dia dikenal sekali oleh pers saat itu.

“Kalau media sudah datang ke lokasi, lengkap dengan peralatannya, berarti A-1,” katanya, menyinggung titik-titik lokasi yang ditenggarai akan menjadi lokasi demonstrasi.

Bahkan, sebagai unsur pimpinan wilayah, dia sering memperhatikan peralatan yang dibawa awak media ketika turun ke lapangan untuk meliput demonstrasi. “Kalau peralatannya lengkap ini itu, bakal panjanglah ini, jantung pun deg-degan,” ujar Waterpauw.

Saat berkisah dengan pers itu, dia didampingi Wakil Kepala Polda Sumatera Utara, Brigadir Jenderal Polisi Agus Andrianto, dan Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Komisaris Besar Polisi Rina Sari Ginting. Dikutip dari Antara.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: