Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Keren, Pesawat NASA Ungkap Rahasia Menakjubkan dari Mars

Keren, Pesawat NASA Ungkap Rahasia Menakjubkan dari Mars

Foto nasa

Skletsanews.com, Jakarta   —   NASA Mars Reconnaissance Orbiter telah mengungkapkan gambar inframerah baru yang menakjubkan. Gambar tersebut memperlihatkan celah aneh yang menyelimuti lantai sebuah kawah misterius di Planet Merah tersebut.

Gambar dari pesawat itu menunjukkan penyebaran fitur yang dikenal sebagai ‘ejecta’ atau material yang dilemparkan ke permukaan setelah terkena benturan. Dalam pemandangan ini, warna tersebut memperlihatkan adanya batuan dan mineral yang berbeda, termasuk mineral yang kaya dengan zat besi seperti olivin dan pyroxene.

Gambar yang diambil menggunakan instrumen HiRISE milik MRO ini menunjukkan warna biru yang terlihat mewakili daerah yang kaya dengan zat besi. Warna itu juga lebih terang seperti pernah berubah warna sebelumnya.

Para ahli mengatakan bahwa bebatuan yang terlihat di kawah yang belum diketahui namanya ini berada di wilayah Mars Mare Serpentis, yakni serupa dengan yang terlihat di tempat lain, dan dapat membantu menjelaskan material bawah permukaan yang dilempar setelah terjadi benturan. Menurut NASA, fitur linier ini diperkirakan menunjukkan arah aliran dari ejecta yang berasal dari kawah tuan rumah yang belum diketahui namanya.

“Oleh karena itu, jika kita mengikuti mereka, kita akan menemukan bahwa mereka berasal dari dasar dua kawah yang tidak diketahui namanya. Jika ejecta berasal dari kawah atas, maka kita akan mengharapkan fitur linier di lokasi gambar kita untuk tren barat laut ke tenggara,” ujar pihak NASA.

Sebuah gambar yang mirip dengan bentuk hati manusia mengungkapkan struktur yang luar biasa, mengingatkan kita pada Air Terjun Niagara. Foto tersebut menunjukkan sekilas di tepi utara kawah sepanjang 19 mil (30 kilometer), dengan bukti bahwa aliran lahar pernah mengelilingi wilayah tersebut hingga terjatuh di empat lokasi terpisah.

Para ahli mengatakan lahar datang dari utara-timur laut di sekitar tepi kawah, dan ketika airnya cukup tinggi, ia akan menembus di empat tempat. Fitur khusus ini diukir oleh lahar, yang berperilaku seperti air cair, namun di daerah lain, pelacak NASA telah mengubah situs mereka untuk menyelidiki bukti danau kuno.

“Kenyataannya adalah permukaan Mars lebih banyak daripada imajinasi kita yang mungkin ingin kita duga. Ini hanya bagian kecil dari struktur yang jauh lebih besar. Sebuah kawah terbalik, sebuah kawah yang telah dipenuhi oleh bahan yang lebih tahan terhadap erosi daripada bebatuan di sekitarnya, dan dikelilingi oleh bukit pasir yang kebiruan,” tutup NASA, seperti dinukil dari Daily Mail, Selasa (18/7/2017).

 

[As]

%d blogger menyukai ini: