Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Kerusuhan Berdarah di Penjara Meksiko, 13 Tewas

Kerusuhan Berdarah di Penjara Meksiko, 13 Tewas

Kerusuhan penjara Guatemala. ©Reuters

Sketsanews.com, Meksiko  —  Kerusuhan terjadi di Penjara Cadereyta, Meksiko, yang mengakibatkan 13 orang tewas. Sekelompok narapidana yang memiliki ikatan dengan Gulf Cartel mulai melakukan demonstrasi dengan melawan sipir penjara Edgardo Aguilar di Nuevo Leon, Meksiko utara.

Para perusuh mengelompokkan sipir dengan geng saingan bernama Los Zetas.

Juru bicara Pemimpin Nuevo Leon Diana Adame mengatakan pemimpin kelompok narapidana sepakat untuk kembali ke sel mereka untuk mengajukan petisi.

Para perusuh mulai melakukan aksinya sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Ketika narapidana mulai membakar sampah dan kasur di teras penjara.

Sekretaris Negara Manuel Gonzalez datang ke penjara untuk melakukan negosiasi dengan para narapidana tersebut.

“Perundingan negosiasi gagal dan polisi yang tidak bisa mengatasi kerusuhan tersebut,” kata Fasci.

Fasci mengatakan kepada wartawan, pasukan keamanan memasuki penjara Cadereyta di luar kota Monterrey dan menggunakan kekuatan mematikan untuk melindungi penjaga penjara dan narapidana lainnya, seperti dilansir dari Metro, Rabu (11/10).

“Ada 4.000 narapidana yang melawan 300 penjaga. Itu sangat sulit untuk menjaga mereka agar tetap teratur. Jika mereka tidak

“Jika mereka tidak mengambil keputusan ini sekarang, kita akan membicarakan lebih banyak lagi orang mati (dalam kerusuhan tersebut).” katanya.

Fasci mengatakan kerusuhan lapas tersebut lepas kendali, satu tahanan terbunuh dan sejumlah penjaga disandera.

Dia menambahkan, belum jelas berapa jumlah orang yang tewas dalam kerusuhan tersebut dan berapa banyak yang terbunuh oleh aparat keamanan.

Ada 60 polisi patroli yang dikirim ke tempat kejadian bersama dengan sebuah helikopter yang terbang di atas area tersebut. Termasuk kru helikopter yang mendesak narapidana untuk turun dari atap untuk memulai negosiasi.

Keluarga-keluarga menunggu di luar informasi. Mereka sangat menuntut (kabar) dari pihak berwenang mengenai sanak saudara mereka.

Gerombolan rival yang terlibat dalam perdagangan narkoba, penyelundupan manusia, pencurian bahan bakar, penculikan dan pemerasan telah memicu pertempuran hebat di penjara-penjara Meksiko.

Ada perkelahian di antara narapidana di Penjara Cadereyta Maret lalu yang menyebabkan lima tahanan tewas dan 20 lainnya luka-luka.

Hal-hal ini diperparah oleh kepadatan penduduk di penjara yang biasanya memicu kekerasan.

[As]

%d blogger menyukai ini: