Sketsa News
Home Berita Terkini, News KNTI: Pemerintah Harus Hentikan Impor Ikan

KNTI: Pemerintah Harus Hentikan Impor Ikan

ikan-tuna-termahal-rueters-300x207

Sketsanews.com – Kalangan nelayan di dalam negeri pemerintah menghentikan impor ikan yang pernah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Yasser Arafat mengatakan impor ikan yang dilakukan akan sangat merugikan nelayan. Pasalnya, jenis ikan yang diimpor sebenarnya masih bisa didapat di perairan Indonesia.

“Impor ikan jelas merugikan nelayan kita, terutama nelayan kecil dan tradisional. Karena yang diimpor itu adalah jenis ikan yang ada di Indonesia seperti tuna, cakalang, dan udang,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (11/7).

Yasser menjelaskan, impor ikan tersebut menjadi sebuah ironi di dalam negeri, yang mana produksi di Indonesia sedang naik. Apabila kebijakan tersebut masih dipertahakan ke depannya akan semakin menekan kesejahteraan nelayan.

Oleh karenanya, ujarnya, untuk menghentikan impor ikan maka pemerintah perlu melibatkan BUMN yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai buffer stock.

“Ini untuk menyerap hasil tangkapan nelayan, perkara standar yang tidak sesuai permintaan industri, justru itulah menjadi tugas pemerintah untuk membina dan mendampingi nelayan kita agar produksi ikannya memenuhi standar industri pengolahan,” ungkapnya.

(ab/jawabaratbisnis)

%d blogger menyukai ini: